139 Ribu Unit Lebih Mitsubishi Xpander 'Dipanggil' ke Bengkel | dapurpacu.id

139 Ribu Unit Lebih Mitsubishi Xpander ‘Dipanggil’ ke Bengkel


DAPURPACU – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menarik kembali (recall) untuk sejumlah Xpander karena permasalahan pada komponen pompa bahan bakarnya (fuel pump).

Kampanye perbaikan ini melibatkan 139.111 unit Xpander untuk tahun produksi 2017 hingga 2019. Nantinya, komponen tersebut akan diganti sepenuhnya tanpa ada biaya yang dikeluarkan oleh pemilik.

Berdasarkan investigasi yang dilakukan, ditemukan bahwa fuel pump di dalam tangki dapat berhenti beroperasi, yang berpotensi mengakibatkan mesin tidak dapat dinyalakan atau berhenti bekerja.

Kemungkinan penyebabnya adalah impeller memuai dan berubah bentuk, kemudian bergesekan dengan bagian di sekitarnya, sehingga impeller tersebut berhenti berputar.

Presiden Direktur PT MMKSI Naoya Nakamura mengatakan, Xpander merupakan model yang sangat penting bagi Mitsubishi Motors dan Indonesia. Program ini merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab Mitsubishi Motors untuk memastikan keamanan dan kenyamanan serta menjamin layanan purna jual berkualitas bagi para pengguna kendaraan penumpang Mitsubishi di Indonesia.

Baca juga:  Xpander Rally Team Siap Uji Coba Xpander AP4

“Kami mengundang konsumen setia Mitsubishi Xpander untuk dapat melakukan pemeriksaan kendaraannya dengan prosedur yang mudah dan tanpa biaya,” kata Nakamura dalam keterangan resminya, Senin (22/6).

Pompa bahan bakar Mitsubishi Xpander.

Kampanye perbaikan dilakukan untuk melakukan pemeriksaan pada label modul fuel pump Xpander dan melakukan pergantian unit fuel pump dengan yang sudah disempurnakan. Estimasi pengerjaan dilakukan sekitar 1 jam dengan proses pemeriksaan dan perbaikan sekitar 2 jam.

MMKSI melalui dealer kendaraan penumpang Mitsubishi di seluruh Indonesia akan menginformasikan dan mengirimkan undangan kampanye perbaikan kepada konsumen yang kendaraannya terlibat mulai hari ini.

Untuk memudahkan proses pengerjaannya, konsumen dapat mengatur jadwal pemeriksaan dengan memanfaatkan fasilitas service booking via Mitsubishi Motors Customer Care, maupun aplikasi My Mitsubishi ID.

Untuk memberikan kenyamanan dan keamanan pada situasi pandemi saat ini, konsumen dapat memanfaatkan layanan Home Service, sebagai pilihan tambahan dari opsi datang langsung ke dealer.

Baca juga:  Penawaran Menarik Mitsubishi Motors di Bulan Juli 2020

Recall serupa di Vietnam dan Filipina
Sejatinya, ‘penyakit’ serupa sudah terjadi pada Mitsubishi Vietnam di mana mereka terlebih dulu mengumumkan recall Xpander pada Oktober tahun lalu, menyusul dua bulan berikutnya Mitsubishi Filipina melakukan hal yang sama.

Kampanye recall ini sebagai buntut dari beberapa keluhan konsumen yang menyatakan Xpander miliknya berpotensi mati mendadak sejak Mei 2019.

Mitsubishi Motor Corporation (MMC) telah melakukan investigasi dan menemukan terdapat permasalahan pada pelampung pompa bahan bakar.

Seperti dijelaskan, material resin pada pelampung pompa bahan bakar berpotensi mengembang dan menyebabkan fuel pump berhenti berotasi. Secara otomatis, kondisi ini membuat pasokan bahan bakar terhenti dan menyebabkan mesin mendadak mati.

Mitsubishi Filipina sendiri telah melakukan kampanye perbaikan untuk unit yang dibeli sejak Mei 2018 sampai 22 Oktober 2019. [dp/MTH]