Toyota Mirai Terbaru Dijadwalkan Meluncur November 2020 | dapurpacu.id

Toyota Mirai Terbaru Dijadwalkan Meluncur November 2020


DAPURPACU – Perhelatan Tokyo Motor Show tahun lalu menjadi momen bagi Toyota menampilkan versi konsep dari mobil zero emisi terkini, Mirai fuel cell electric vehicle (FCEV).

Bila melihat tampilan generasi terbaru Mirai ini, publik pun pasti mengira bahwa mobil ini merupakan versi produksi dan bukan prototipe. Sejak itu, banyak prediksi mencuat bahwa mobil ini akan segera memasuki lini produksi.

Best Car Web, laman resmi Jepang meyakini Mirai terbaru bakal diluncurkan pada bulan Oktober tahun ini, atau setidaknya November 2020, sebelum mendarat secara resmi di pasar Jepang awal 2021.

Meski Toyota belum membeberkan negara mana yang dibidik untuk meniagakan Mirai baru ini, namun diklaim banderolnya dikisaran 8 juta Yen, atau sekitar Rp539 jutaan.

Secara tampilan, Mirai baru ini terlihat ramping bahkan sepintas lebih mirip dengan produk-produk sedan keluaran Lexus. Bentuk membulat dengan buritan yang membosankan tidak lagi terlampir pada mobil ini.

Hal itu berkat desain ulang berdasarkan platform TNGA berpenggerak roda belakang premium Toyota, yang menggabungkan kelincahan dan performa mobil dengan desain eksterior yang elegan.

“Kami telah berupaya mengembangkan sebuah mobil yang ingin dikendarai pelanggan setiap saat, mobil yang memiliki desain yang emosional dan menarik, serta kinerja yang dinamis dan responsif,” kata Yoshikazu Tanaka, Kepala Insinyur Mirai, seperti dikutip dari laman resmi Toyota.

“Saya ingin pelanggan mengatakan ‘Saya memilih Mirai karena saya hanya menginginkan mobil ini, dan kebetulan itu adalah FCEV’,” tambah Tanaka.

“Kami akan melanjutkan pengembangan tersebut, dan diharapkan dengan Mirai baru kami akan menjadi pemimpin dalam membantu mewujudkan masyarakat energi hidrogen,” imbuhnya.

Dimensi Mirai terbaru jelas berubah dibandingkan model sebelumnya, dengan panjang 4.973 mm, lebar 1.885 mm dan tinggi 1.488 mm, serta jarak sumbu roda mencapai 2.918 mm.

Kosmetik menarik pada interior ditunjukkan melalui instrumen digital 8 inci, sistem infotainmen layar sentuh berukuran 12,3 inci, dengan desain dashboard menarik.

Ada juga sejumlah aksen perunggu di beberapa sektor, pengisi daya smartphone nirkabel, dan sistem audio lansiran JBL berjumlah 14-speaker.

Dengan ditingkatkannya kinerja sistem sel bahan bakar dan kapasitas penyimpanan hidrogen, Mirai baru menargetkan jarak tempuh yang lebih jauh hingga 30%. [dp/MTH]