Jalan Tol Serpong-Cinere Ditargetkan Selesai Oktober 2020 | dapurpacu.id

Jalan Tol Serpong-Cinere Ditargetkan Selesai Oktober 2020


DAPURPACU – Jasa Marga melalui Kelompok Usaha PT Cinere Serpong Jaya (CSJ), yang mengelola Jalan Tol Serpong-Cinere, terus berupaya agar pembangunan jalan tol itu selesai tepat waktu.

Jalan Tol Serpong-Cinere yang merupakan bagian dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) 2, ini akan terhubung dengan Ruas Tol Kunciran-Serpong dari arah Barat yang dikelola oleh PT Marga Trans Nusantara, yang juga merupakan kelompok usaha Jasa Marga.

Jalan tol yang memiliki panjang 10,14 km itu terdiri dari 2 seksi, yaitu Seksi 1 Serpong-Pamulang sepanjang 6,59 km dan Seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 3,55 km.

Direktur Utama PT CSJ, Ayu Widya Kiswari menjelaskan, hingga awal Juli ini, secara total progres pengadaan tanah telah mencapai 91,23% dan progres konstruksi mencapai 82,69%.

“Seksi I progres pengadaan tanah mencapai 96% dan progres konstruksi 92,04%. Sementara Seksi II, progres pengadaan tanah mencapai 79,35% dan progres konstruksi 61,14%,” jelas Ayu.

Dia optimis pekerjaan konstruksi segera tuntas dan dapat beroperasi sesuai jadwal. Pekerjaan konstruksi yang saat ini masih dikejar penyelesaiannya adalah mainroad, saluran/drainase, dinding penahan tanah serta oprit overpass.

“Sehingga seluruh pekerjaan konstruksi diharapkan dapat selesai pada akhir Oktober 2020,” pungkas Ayu, seperti dilansir laman Jasa Marga, Selasa (21/7).

Ruas Tol Serpong – Cinere yang rencana akan dioperasikan pada tahun 2021 ini, nantinya memiliki 1 junction yang terhubung dengan ruas Jakarta-Serpong dan Serpong-Kunciran, serta 1 interchange yang terhubung dengan Jalan Nasional RE Martadinata.

Dengan hadirnya jalan tol ini, diharapkan dapat menjadi jalur alternatif bagi pengguna jalan menuju Bandara Soekarno-Hatta, serta dari arah Tangerang Selatan menuju Jakarta, via ruas Tol Serpong-Kunciran. [dp/MTH]