Begini Sebab dan Gejala Keracunan Gas CO Pada Kabin Mobil | | dapurpacu.id

Begini Sebab dan Gejala Keracunan Gas CO Pada Kabin Mobil


DAPURPACU – Tidak sedikit kasus kebocoran gas karbon monoksida (CO) terjadi pada kendaraan roda empat. Kasus itu muncul kebanyakan saat dalam keadaan berhenti, dan disaat bersamaan AC maupun mesin menyala.

Seperti diketahui, gas beracun ini merupakan salah satu hasil pembakaran mesin mobil yang dibuang melalui saluran knalpot. Masalahnya, gas CO tidak terlihat oleh mata dan tidak meninggalkan bau.

Bila hal itu terjadi, gejala yang muncul sulit diprediksi, mulai dari badan lemas, mengantuk, sakit kepala, mual, muntah, sakit pada dada dan seperti berhalusinasi.

Bahkan, jika kadarnya sudah tinggi bisa menyebabkan kehilangan kesadaran, dan kematian yang cepat. Karena ciri-cirinya tersamarkan, begitu sadar akan sulit mencari pertolongan karena badan terlalu lemas, bahkan untuk sekadar membuka pintu mobil.

Ada beberapa prakondisi yang membuat gas sisa pembakaran mesin mobil bisa masuk ke dalam kabin mobil. Berikut beberapa di antaranya:

1. Knalpot Bocor
Pipa knalpot diarahkan ke belakang mobil untuk memastikan gas buang tidak keluar di bawah dek dan masuk ke kabin. Karena karat, pipa knalpot bisa bocor di tengah dan menyebabkan gas buang keluar di bawah dek mobil. Gas buang yang terakumulasi bisa menyusup masuk ke dalam kabin.

Baca juga:  PSBB Lagi, Perhatikan Kondisi Bodi Mobil

2. Sistem AC Rusak
Ada komponen sistem pendingin ruang yang bekerja di luar kabin mobil, seperti kompresor dan tabung ekspansi yang diletakkan di ruang mesin. Karena minim perawatan, ada potensi terjadi kebocoran pada salurannya, terutama selang AC dan jalur di firewall.

3. Karat di Bodi Mobil
Karat punya potensi untuk timbul di bodi mobil, terutama di dek bawah tempat bersarangnya kotoran. Jika tidak diatasi, karat akan menyebabkan bodi mobil berlubang dan membuka jalur masuknya gas buang mobil. Karet bodi mobil yang sudah getas juga bisa menjadi akses masuknya gas buang.

Cara Mencegah Keracunan Gas CO
Ada beberapa hal yang para pemilik mobil wajib lakukan untuk mencegah keracunan gas CO di dalam kabin mobil. Berikut rinciannya:

1. Jangan berdiam di dalam kabin mobil dalam jangka waktu lama saat mobil berhenti dalam keadaan mesin dan AC menyala. Makin diperparah ketika parkir di dalam gedung parkir, garasi, atau ruang tertutup lainnya.

Baca juga:  Pajak Kendaraan Siap Turun, Auto2000 Sudah Tawarkan Promo

2. Jika terpaksa tinggal di dalam mobil, buka sedikit kaca samping untuk membantu sirkulasi udara luar. Tapi solusi ini tidak dianjurkan karena risiko keracunan tetap tinggi, terlebih jika di dalamnya ada anak kecil atau lansia.

3. Segera keluar dari mobil saat mulai terasa gejala awal seperti tiba-tiba mengantuk, badan lemas, atau pusing padahal kondisi badan sehat.

“Pastikan mobil dalam kondisi prima termasuk untuk mencegah keracunan gas CO, seperti melakukan tune up dan mengecek saluran AC mobil dengan memanfaatkan program Sehat Toyotaku,” kata Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000.

Sebagai informasi, saat ini Auto2000 menggelar program ‘Sehat Toyotaku, Ready For New Normal’, yang berisikan layanan perawatan atau servis berkala dan dikemas dalam lima paket.

Sebagai langkah pencegahan keracunan gas CO, pemilik mobil Toyota bisa memanfaatkan dua paket dalam program ini, yaitu Paket Servis AC dan Paket Tune Up.

Baca juga:  Odometer Mobil di Atas 50.000 km, Perhatikan Komponen ini

“Ketika servis berkala, seluruh komponen mobil diperiksa, termasuk potensi kebocoran di sistem AC, kabin mobil, dan mesin beserta saluran gas buang,” imbuh Ricky.

Terdapat potongan harga bila pemilik mobil memilih Paket Servis AC, yaitu sebesar 10%. Dalam paket itu, sistem AC mobil akan dibersihkan dan dicek.

Sedangkan Paket Tune Up, membuat mesin selalu optimal dan diklaim mampu mengurangi emisi gas buang seperti gas CO, termasuk memastikan tidak ada kebocoran di mesin dan saluran gas buang.

Untuk paket tersebut tersedia servis tambahan seperti memeriksa kondisi baut dan karet pada sasis dan bodi mobil. Kedua paket ini bisa didapat via booking service di website Auto2000.co.id.

Berlaku hingga September 2020, pemilik mobil dapat menggunakan lebih dari satu paket dalam sekali servis. [dp/MTH]