Toyota Corolla Cross Dibanderol Rp457-497 Jutaan, Bakal Makan Teman? | dapurpacu.id

Toyota Corolla Cross Dibanderol Rp457-497 Jutaan, Bakal Makan Teman?

Siluet depan Toyota Corolla Cross yang baka segera dirilis hari ini.

DAPURPACU – Setelah menjalani debut di Thailand pada Juli lalu, Toyota Corolla Cross siap menyapa publik Tanah Air pada Kamis (6/8) ini.

SUV anyar Toyota ini digadang-gadang akan mampu ‘menggoyang’ pasar SUV Tanah Air, khususnya yang berada di rentang harga Rp400 jutaan hingga Rp500 jutaan. Model apa saja yang diprediksi bakal ‘tersenggol’ Corolla Cross?

Di pasar otomotif Tanah Air, banyak merek yang bermain di rentang harga tersebut, sebut saja model-model mapan Toyota sendiri seperti Innova, Fortuner dan C-HR. Kemudian Honda dengan CR-V dan bisa juga HR-V, serta Mitsubishi melalui Pajero Sport atau Nissan dengan Terra.

Innova dimasukkan dalam persaingan ini karena meskipun berwujud MPV, tapi karakter dan platform ladder frame yang digunakan adalah milik Fortuner dan Hilux, yang notabene termasuk dalam kategori truck (pickup)/SUV. Di kisaran harga itu juga dihuni beberapa model MPV, seperti Toyota Voxy, bisa juga Sienta dan Nissan Serena.

Seperti kita tahu, Innova dibanderol dengan harga termurah sekitar Rp326 juta hingga yang tertinggi mencapai Rp482 jutaan, sedangkan Fortuner berada di rentang harga Rp580 jutaan. Untuk C-HR dilabeli harga sebesar Rp511 juta hingga Rp547 jutaan. Belum lagi Voxy yang dihargai Rp501 jutaan oleh Toyota.

Baca juga:  Kurang Dirawat, Awas Karet Panoramic Sunroof Berumur Pendek

Merek-merek lain seperti yang disebutkan atas tadi juga berada di rentang harga itu, sehingga besar kemungkinan juga akan ikut ‘digoyang’ oleh Corolla Cross, yang bagi masyarakat Indonesia merupakan model yang benar-benar ‘fresh’ dengan menyandang nama yang sudah melegenda.

Tapi semua itu tergantung pada preferensi dan fungsionalitas yang dipilih konsumen. Namun demikian, tren global yang kini beralih ke model SUV/crossover, jelas menjadi dorongan juga bagi konsumen Tanah Air untuk ikut-ikutan melirik segmen yang sedang naik daun ini, dan mulai meninggalkan MPV yang selama ini mendominasi pasar otomotif nasional selama berpuluh-puluh tahun.

Hanya saja, kultur masyarakat Indonesia yang guyub dan suka bepergian bersama-sama, masih akan memberi peluang bagi MPV untuk tetap hidup di Bumi Pertiwi. Lain lagi ceritanya jika nanti lahir varian 7 seater untuk Corolla Cross, model-model MPV sepertinya harus bersiap untuk ‘memberikan jalan’ bagi Corolla Cross.

Berbeda dengan model SUV yang mengusung platform ladder frame, yang diprediksi tetap akan melenggang berkat kemampuan melibas medan berat/off-road yang tak dipunyai Corolla Cross. Seperti Honda CR-V atau HR-V, Corolla Cross lebih sebagai SUV urban, alias lebih pantas untuk melaju di jalan-jalan perkotaan.

Baca juga:  Lakukan Penyegaran, Toyota New Yaris Makin Membidik Kawula Muda

Makanya, model-model SUV ‘lelaki sejati’, kalau boleh Fortuner, Pajero Sport dan Terra disebut begitu, tak akan terlalu terganggu dengan kehadiran Corolla Cross karena SUV yang ditopang sasis ladder frame memiliki kekuatan dan kemampuan lebih baik dalam meredam guncangan kala ‘bermain’ di medan off-road.

Kembali ke Corolla Cross yang akan diluncurkan 6 Agustus ini, akan dibanderol dengan harga mulai Rp457,800 juta on the road untuk varian mesin 1.8 bertransmisi otomatis, sementara varian yang lebih mahal adalah 1.8 Hybrid A/T, yang dipasarkan seharga Rp497,800 juta. Ada selisih Rp40 juta antara Corolla Cross bermesin konvensional dengan yang mengadopsi teknologi hybrid.

Menggunakan platform anyar, Toyota New Global Architecture C (TGNA-C), Corolla Cross memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm dan tinggi 1.620 mm, sedangkan wheelbase tercatat 2.640 mm.

Untuk varian entry-level yang mengusung mesin bensin 1.8-liter, bertenaga 140 hp dan torsi 175 Nm. Mesin ini menggerakkan roda depan melalui CVT. Sedangkan varian bermesin 1.8-liter yang ditopang teknologi hybrid memiliki tenaga 98 hp dan torsi 142 Nm. Dengan dukungan motor listrik, performa mesin konvensional tadi mendapat tambahan tenaga sebesar 72 hp dan torsi 163 Nm. Tenaga dari mesin hybrid ini disalurkan melalui CVT elektris.

Baca juga:  Kurang Dirawat, Awas Karet Panoramic Sunroof Berumur Pendek

Toyota Corolla Cross ditopang suspensi MacPherson untuk roda depan, dan torsion-beam untuk suspensi belakang. Keempat roda sudah menggunakan rem cakram, sedangkan ukuran rodanya ada dua pilihan, yakni 17 dan 18 inci, yang dibalut ban masing-masing berukuran 215/60 dan 225/50.

Jika dilihat dari sisi eksterior, Corolla Cross tak ada mirip-miripnya dengan Corolla hatchback, malah lebih cenderung sebagai baby RAV4, yaitu SUV andalan Toyota untuk berperang di pasar Amerika dan Eropa.

Tampilan Corolla Cross sangat gagah berkat penggunaan gril besar berkelir hitam, dipadukan dengan desain lampu depan tajam plus LED daytime running lights. Crossover ini juga dilengkapi bumper, side skirt, dan spakbor berwarna hitam, termasuk roof rail dengan kelir yang sama, sehingga kesan macho terpancar sangat jelas.

Meski tampilan luar sangat berbeda dan unik jika dibandingkan dengan versi sedan atau hatchback, tapi untuk desain interior sangat mirip nuansanya seperti Corolla hatchback.

Layar sentuh ukuran besar tampak menyembul di atas dashboard, juga desain cluster tombol-tombol digital, dan desain lubang ventilasi AC yang juga mirip punya Corolla versi hatchback. Ayo yang berminat, segera sambangi dealer-dealer Toyota, karena daftar inden sudah dibuka. [dp/TGH]