Brad Binder Sukses 'Asapi' Duet Yamaha di MotoGP Ceko | dapurpacu.id

Brad Binder Sukses ‘Asapi’ Duet Yamaha di MotoGP Ceko


DAPURPACU – Brad Binder sukses menumbangkan kepiawaian Yamaha pada MotoGP Ceko, Minggu (9/8). Perlahan namun pasti, rookie kelahiran Afrika Selatan itu berhasil menapaki podium utama di seri ketiga musim balap 2020.

Istimewanya lagi, beragam prestasi langsung muncul atas keberhasilannya, mulai dari podium perdana bagi tim KTM di kelas premium, pebalap Afrika Selatan pertama yang mampu duduk di podium utama.

Masih ditambah lagi dengan kesuksesannya sebagai rookie di kelas premium finis pertama, setelah keberhasilan serupa diraih oleh Marc Marquez pada MotoGP Austin 2013.

Ambisi Fabio Quartararo untuk meraih triple podium di tiga seri berturut-turut tumbang di sini. Posisi El Diablo terus terseok-seok ke belakang, sampai akhirnya harus finis di urutan 7.

‘Muka’ tim Yamaha Petronas cukup terobati berkat keberhasilan Franco Morbidelli, yang mampu membawa timnya menempati podium kedua. Sementara Johann Zarco harus puas di urutan ketiga, setelah di seri ini dia berhasil menempati pole position.

Bagi Morbidelli, hasil ini juga menjadi sejarah selama bertarung di MotoGP. Podium tersebut merupakan yang pertama diraihnya, sekaligus kian mendekatkan posisinya dengan Maverick Vinales di urutan kedua tangga klasemen sementara.

Di sisi lain, upaya Valentino Rossi untuk menggenapi pencapaian podiumnya yang ke-200 di seri ini juga harus pupus. Start dari urutan ke 10, dirinya hanya mampu finis di posisi 5 di belakang Alex Rins.

Dengan hasil di seri Brno ini, posisi Quartararo belum goyang dan masih menempati urutan pertama klasemen sementara dengan 59 poin. Disusul Vinales dengan 42 poin dan Morbidelli di urutan ketiga. [dp/MTH]