Upaya Hino Bikin Pengemudi Truk 'Pintar' Perawatan Kendaraan | dapurpacu.id

Upaya Hino Bikin Pengemudi Truk ‘Pintar’ Perawatan Kendaraan


DAPURPACU – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) mengadakan pelatihan untuk sejumlah pengemudi truk dan bus Hino, yang dikemas dalam Smart Driving Hino500 Series.

Ke 95 pengemudi datang dari berbagai perusahaan pemilik truk Hino. Pelatihan dilakukan secara virtual dalam rangka memenuhi himbauan pemerintah untuk menjaga jarak, sekaligus memutus rantai penyebaran Covid-19.

Pelatihan ini sendiri merupakan program rutin yang dilaksanakan oleh PT HMSI secara gratis. Fokusnya adalah karena banyak dari pengusaha angkutan truk yang mengalami kesulitan untuk mencari pengemudi yang baik dan mengutamakan keselamatan dalam bekerja.

Untuk itu, Hino fokus memberikan pelatihan pengemudi atau pun refresh materi bagi pengemudi yang sudah permah mengikuti pelatihan-pelatihan sebelumnya.

Selama pelatihan, para pengemudi diberikan materi mulai dari daily inspection, proper driving dan safety driving sampai eco driving. Selain itu, pelatihan ini juga memberikan tambahan pengetahuan mengenai update spesifikasi truk Hino.

Masato Uchida, Presiden Direktur HMSI mengklaim, dengan memiliki pengemudi yang terbaik dapat menghemat penggunaan bahan bakar sampai 30%.

“Untuk itu saya berharap melalui pelatihan tersebut dapat mencetak pengemudi terbaik dari yang paling terbaik di Indonesia,” jelas Uchida, dalam siaran resminya.

Di sisi lain, Chief Operating Officer HMSI, Santiko Wardoyo menyebutkan bahwa pengemudi adalah aset yang sangat berharga bagi perusahaan angkutan maupun logistik.

Karena itu, lanjutnya, kegiatan training ini tetap dilakukan pihaknya di tengah masa pandemi ini, dengan tujuan agar setiap pengemudi dapat berkendara dengan aman dan mengirimkan barang dengan selamat.

Dia pun mengakui, sebelum pandemik merebak di Indonesia, pelatihan ini rutin dijalankan melalui Hino Safety Driving Competition yang dilaksanakan di tiap kota.

“Di kondisi ini kami tetap menggelar kegiatan training meski secara online. Kami harap materi yang diberikan dapat diterapkan sehari-hari sehingga kendaraan akan semakin awet, semakin baik dan memberi nilai lebih bagi perusahaan,” tutup Santiko.

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan, Andri Hendrawan dari HRD-SHE Improvement Manager – PT Armas Logistic Services mengaku kegiatan ini sangat diperlukan.

“Sehingga ini menjadi satu paket yang sangat bermanfaat untuk operasional sehari-hari, dan dapat kami teruskan ke rekan-rekan operator di kantor, dalam hal perawatan kendaraan ataupun mengemudi,” tuturnya.

Hal senada juga diungkapkan SQA Asst. Manager PT Sumisho Global Logistik, Putra Sanjaya, yang menurutnya kegiatan training ini sangat positif dari kacamata konsumen.

“Sebagai konsumen kami perlu masukan maintenance kendaraan dan juga cara mengemudi yang proper, sehingga kerja kami menjadi lebih aman, pengiriman terjamin dan kepuasaan customer dapat terjaga,” pungkasnya. [dp/MTH]