Mario Aji Tutup Balapan CEV 2020 di Urutan ke-16 | dapurpacu.id

Mario Aji Tutup Balapan CEV 2020 di Urutan ke-16


DAPURPACU – Mario Surya Aji kembali ke Tanah Air dengan memboyong pencapaian positif di seri pamungkas ajang FIM CEV Moto3 Junior World Championship 2020 akhir pekan lalu.

Pada seri terakhir yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tomo, Valencia, pencapaian finis 10 besar berhasil diraihnya sepanjang tiga race yang dilaksanakan.

Dengan finis di posisi 6 pada race pertama dan urutan ke 7 di balapan kedua, menjadikan rekor terbaik pebalap binaan Astra Honda Racing Team itu sepanjang musim 2020.

“Ini merupakan salah satu akhir pekan terbaik bagi saya di FIM CEV. Setiap hari kami mencatat kemajuan, baik untuk set-up motor maupun gaya balap,” kata pebalap asal Magetan, Jawa Timur itu.

Di hari Sabtu (31/10), balapan sempat terhenti karena adanya insiden yang menyebabkan red flag. Balapan dimulai kembali dengan jumlah lap dikurangi menjadi 12. Start dari posisi ke-12, Mario tidak memulai balapan dengan baik.

Berusaha untuk tetap tenang, Mario berhasil meraih posisi ketujuh setelah dua lap. Bersama delapan pebalap di rombongan kedua, Mario yang masih berusia 16 tahun ini bersaing memperebutkan posisi keenam dan akhirnya berhasil mendapatkannya hingga garis finis.

Pada hari kedua, Mario memulai jalannya balapan di baris keempat. Mario berhasil memperbaiki posisi dan mengejar rombongan terdepan pada race pertama, setelah sempat tertinggal dari grup terdepan.

Sedangkan race kedua, Mario start dengan baik dan mengikuti grup terdepan. Namun, satu pebalap menyenggol Mario di tikungan 1 dan membuatnya terdorong hingga posisi ke-12.

Setelah itu, Mario berhasil kembali mengejar grup terdepan. Saat berada di posisi ke-5, satu-satunya pebalap Indonesia di balapan ini mengalami insiden dan akhirnya terjatuh saat balapan tersisa empat lap terakhir.

“Saya terlalu keras mengerem dan akhirnya terjatuh. Ini adalah kesalahan saya, tetapi saya senang dengan kemajuan yang didapat selama akhir pekan ini,” tutup Mario.

Mario menutup musim balap tahun ini di posisi ke-16 klasemen akhir dengan raihan 23 poin. Capaian positif bagi alumni Astra Honda Racing School itu di kancah balap International.

Sebagai informasi, Mario absen dalam 4 putaran yaitu putaran 1 dan 2 terkait situasi pandemi Covid-19, dan tidak ikut putaran 3 dan 4 akibat cidera tangan yang alaminya. [dp/MTH]