Mobil Transmisi Otomatis 'Payah' di Tanjakan? Ikuti Tips Berikut | dapurpacu.id

Mobil Transmisi Otomatis ‘Payah’ di Tanjakan? Ikuti Tips Berikut


DAPURPACU – Kawasan pegunungan menjadi salah satu lokasi favorit menghabiskan waktu libur bersama keluarga tercinta. Destinasi tersebut mampu memberikan kenyamanan, selain tentunya hawa sejuk nan dingin bakal tersaji di sana.

Namun kadang ada kekhawatiran, sanggupkah mobil yang digunakan mampu melibas kondisi jalan yang ada macam tanjakan dan turunan. Terlebih bila mobil bertransmisi otomatis yang dikendarai.

Belum lagi jika mobil diisi penumpang penuh beserta barang bawaan. Tentu menjadi kendala tersendiri bagi pemilik mobil. Masih ditambah lagi bila kondisi macet, penting kiranya sistem pengereman berfungsi sempurna.

Hal inilah yang menjadi topik bincang santai konten Tanya Bengkel Auto2000, yang disiarkan secara live di akun Instagram @Auto2000id pada Kamis (6/11) lalu.

Dalam acara itu disebutkan wilayah Kota Malang terkenal lantaran banyak lokasi wisata favorit, seperti Kota Batu atau Kawasan Gunung Bromo yang mahfum sampai ke mancanegara.

Kota Malang sendiri berada di dataran tinggi, direntang 440—667 meter dari permukaan laut (mdpl). Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang singgah ke sana, baik menggunakan mobil transmisi manual maupun otomatis.

Baca juga:  Kemudahan Bertransaksi, Auto2000 Manfaatkan e-Wallet

Khusus bagi Anda yang suka menggunakan mobil bertransmisi otomatis, kendaraan ini juga cocok saat dibawa ke wilayah pegunungan yang penuh jalur naik dan turun. Bahkan pada hari libur, kondisi macet menuju kawasan wisata bisa saja terjadi.

Transmisi otomatis mobil Toyota model terkini sudah dilengkapi kontrol elektronik yang memberikan kemudahan bagi AutoFamily untuk melewati berbagai kondisi jalan.

Alhasil, Anda cukup memainkan pedal gas sesuai kebutuhan dan melakukan kickdown untuk memperoleh tenaga lebih besar saat menemui kondisi jalan menanjak.

Meski begitu, AutoFamily juga tetap dapat mengatur transmisi otomatis secara mandiri dengan memindahkan tuas transmisi ke posisi 2 atau L (1/Low). Penyaluran tenaga akan berlangsung lebih cepat dan mobil sanggup mendaki dengan mudah, bahkan di tanjakan curam sekalipun.

Karena ditahan di posisi 2 atau L, maka gigi transmisi tidak akan pindah ke posisi lebih tinggi yang dapat membuatnya kehilangan torsi guna menanjak.

Sementara gigi 3 bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan tenaga lebih besar ketika menyalip, seperti di jalan tol. Anda cukup menempatkan posisi tuas transmisi di D dan melaju sesuai kondisi untuk jalan dalam kota.

Baca juga:  Kemudahan Bertransaksi, Auto2000 Manfaatkan e-Wallet

Patut diingat, memindahkan gigi transmisi ke posisi lebih rendah membuat mobil bisa mendapatkan efek engine brake, sehingga lebih aman saat melalui jalan menurun.

Selain membuat mobil tidak meluncur turun dengan kecepatan tinggi sehingga sulit untuk dikendalikan, penggunaan gigi rendah juga membantu kinerja rem mobil agar tidak terlalu berat.

Rutin Servis Transmisi Otomatis
‘Kesehatan’ transmisi otomatis harus tetap diperhatikan, dengan cara rutin melakukan servis berkala setiap enam bulan atau 10.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dulu.

Di sini, teknisi bengkel Auto2000 akan melakukan pengecekan transmisi otomatis untuk memastikannya tidak ada masalah sehingga aman dipakai setiap hari secara optimal.

Transmisi otomatis, baik model konvensional maupun CVT, menggunakan oli khusus untuk melumasi komponen bergerak yang ada di dalamnya. Anda disarankan untuk melakukan penggantian oli transmisi otomatis sesuai waktu yang direkomendasikan.

Auto2000 menyediakan oli transmisi otomatis Toyota Motor Oil (TMO) yang sesuai dengan spesifikasi mobil dan kondisi berkendara di jalan Indonesia.

Untuk layanan ini, Auto2000 menawarkan banyak promo melakukan booking service berkala lewat Auto2000 Digiroom, seperti Promo Gledek dalam rangka menghadapi musim hujan.

Baca juga:  Kemudahan Bertransaksi, Auto2000 Manfaatkan e-Wallet

Dalam promo ini, AutoFamily dapat membeli wiper fluid dengan diskon 20%, wiper blade dengan diskon 10%, dan ban dengan diskon sampai dengan 27%. Promo ini berlaku hingga 31 Desember 2020.

Selain itu, Auto2000 juga menyediakan Program Kilau Sempurna Toyotaku berupa potongan harga jasa perbaikan bodi mobil senilai Rp300.000 di fasilitas Body & Paint Auto2000.

Syarat, transaksi minimal Rp1,5 juta untuk non asuransi dan Rp3,5 juta untuk pengguna asuransi. Masih ditambah diskon 5% untuk lebih dari 100 spare parts pilihan dan ada pembayaran menggunakan cicilan 0% kartu kredit di Auto2000 Digiroom.

Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000 mengeklaim, lini model Toyota terkenal andal dan tangguh untuk menempuh rute pegunungan tanpa khawatir tidak kuat menanjak, termasuk yang menggunakan transmisi otomatis.

“Auto2000 siap membantu mempersiapkan mobil AutoFamily agar selalu siap dipakai melalui program dan promo servis yang tersedia,” pungkas Ricky. [dp/MTH]