CS Contest 2020, Upaya Hino Terus Tingkatkan Keahlian SDM-nya | dapurpacu.id

CS Contest 2020, Upaya Hino Terus Tingkatkan Keahlian SDM-nya


DAPURPACU – Pengembangan sumber daya berkualitas terus dilakukan PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), demi memuaskan kebutuhan para konsumennya mendapatkan layanan maksimal.

Ajang Costumer Satisfaction (CS) Contest menjadi pembuktian Hino Indonesia dalam peningkatan layanan dan servcie level di seluruh jajarannya. Gelaran ini tetap digelar meski pandemi masih berlangsung, meski dilaksanakan secara virtual.

Pada even kali ini, ‘Maximizing Total Support by Digital Communication and Human Touch in New Era’ menjadi tema yang diangkat, dengan tujuan agar setiap personel Hino dapat menjaga dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Masato Uchida, President Director HMSI mengatakan, ajang tahunan ini bermaksud memberikan solusi yang terbaik bagi bisnis konsumen melalui hubungan jangka panjang untuk pertumbuhan bisnis bersama–sama.

“CS Contest sebagai bahan untuk mengevaluasi dan memotivasi kami dalam memberikan layanan terbaik dan melebihi standar SOP. Sekaligus meningkatkan layanan Total Support untuk kepuasan dan loyalitas pelanggan,” jelas Uchida.

“Pandemi dan situasi yang terbatas tidak membuat kami berhenti untuk terus menjaga kualitas man power di seluruh jajaran level diler Hino,” kata Takayuki Tsuchida, TS Pyramid Director HMSI.

Kompetisi Hino CS Contest 2020 digelar pada 10 – 12 November, yang diikuti total 271 peserta dari seluruh diler Hino di Indonesia dengan format berbeda.

Peserta terpilih dari masing-masing diler merupakan yang terbaik di setiap kategori yang diikuti. Mereka sudah menjalani serangkaian pelatihan dan test yang kedepannya dapat diterapkan untuk melayani kebutuhan bisnis customer.

Adapun format tersebut yaitu pemenang berdasarkan region. Lalu ada terdapat perubahan mekanisme lomba yang disesuaikan secara daring atau test digelar secara online dan role model dengan fokus pada praktik.

Tahun lalu kontes ini memperlombakan 14 kategori, namun mengingat kondisi pandemi, maka HMSI memutuskan hanya memperlombakan 7 kategori saja, di antaranya sales truk ringan, sales truk medium, Field Advisor, Part Fleet Salesman, Customer Care Officer (CCO), Mekanik, dan Internal Dealer Training (IDT).

Sementara untuk materi lomba dititik beratkan kepada layanan konsumen berbasis digital, seperti Hino Connect Telematic dan layanan Hino Total Support lainnya.

Selain itu materi lomba untuk kompetensi utama seperti mekanik, memecahkan masalah terkait problem kendaraan yang disebabkan engine management system dan problem teknik lainnya.

Irwan Supriyono, After Sales Director HMSI menjelaskan, meningkatkan keterampilan mekanik dan memperkuat seluruh kerja sama team Hino menjadi kunci bisnis di era New Normal ini. Sebab, lanjutnya, setiap truk tetap membutuhkan layanan yang prima untuk beroperasi.

“Sehingga kegiatan ini merupakan cara kami untuk menjaga layanan SDM Hino tetap berkualitas bagi konsumen, sehingga operasional bisnis konsumen menjadi lebih cepat,” pungkas Irwan. [dp/MTH]