Perang Layanan, ini Inovasi Auto2000 Demi Kepuasan Konsumen | dapurpacu.id

Perang Layanan, ini Inovasi Auto2000 Demi Kepuasan Konsumen


DAPURPACU – Seiring dengan perkembangan tekhnologi, masyarakat mulai terbiasa dengan media digital, terlebih di tengah pandemi Corona Virus Disease (Covid) 19, yang masih berlangsung di Indonesia.

Kebiasaan ini seperti terbangun dengan sendirinya, sebagai bagian dari upaya masyarakat untuk meminimalisir penyebaran virus tersebut. Melihat kecenderungan yang lebih mengarah positif inilah melahirkan beragam inovasi dari para pelaku industri, termasuk otomotif.

Bagi mereka (pemain otomotif), memberikan pelayanan maksimal tetap harus dilakukan kepada para konsumen setianya, meski tantangan pandemik masih di depan mata. Tidak terkecuali untuk Auto2000.

Bagi dealer Toyota terbesar di Tanah Air ini, layanan terbaik yang diberikan oleh 126 cabang Auto2000 di seluruh Indonesia telah menjadi komitmen untuk para pemilik mobil Toyota.

Kemunculan pandemik di awal tahun di Indonesia seperti telah terbaca oleh Auto2000 untuk segera meluncurkan inovasi layanan terkini yaitu sebuah e-commerce website bernama Digiroom.

Medio akhir Maret 2020 lalu menjadi momen bersejarah bagi Auto2000, yang mentransformasi website dan aplikasi dengan menu utama penjualan mobil baru, suku cadang, dan aksesoris resmi Toyota di Indonesia.

Chief Executive Auto2000, Martogi Siahaan, saat memperkenalkan aplikasi terbaru Auto2000 Digiroom medio Maret 2020.

Auto2000 Digiroom dapat dikatakan sebagai e-commerce pertama untuk sebuah dealer otomotif yang ada di Indonesia. Konsep ‘seamless end-to-end customer experience’ yang diterapkan di seluruh cabang Auto2000 juga diaplikasikan pada layanan tersebut.

Kemudahan atau user friendly juga menjadi kunci utama Auto2000 Digiroom untuk para konsumennya di seluruh pelosok Indonesia yang lazim ‘disapa’ Autofamily.

Baca juga:  Mudahnya Urusan Dengan Auto2000, Servis Mobil Cukup di Rumah Aja Kok!

Pada intinya, puluhan tahun Auto2000 menjalankan bisnis (penjualan dan perawatan mobil Toyota), disebutkan sudah waktunya model berubah, kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan transaksi dan menikmati layanan secara online menjadi kebutuhan utama customer di Indonesia.

Dari perspektif inilah, Auto2000 melakukan improvement untuk selalu memberikan kemudahan pada pelanggan, melalui Auto2000 Digiroom, yang memberikan banyak kemudahan layanan termasuk dalam melakukan perawatan kendaraan.

Melalui aplikasi Digiroom, Auto2000 ingin semua aktivitas yang serba mudah dan praktis bermodalkan klik di layar ponsel, kini dapat merealisasikannya.

Pembelian mobil baru Toyota baik cash maupun kredit, menikmati fasilitas purna jual, membeli suku cadang atau aksesoris, trade-in atau tukar tambah kendaraan sembari work from home.

Selain itu, dipastikan Autofamily dapat merasakan pengalaman layanan di platform digital dengan level yang sama baiknya dengan yang diterima di cabang Auto2000 dengan standar layanan paripurna.

Auto2000 Digiroom menyediakan program simulasi pembelian secara kredit.

Pada aplikasi ini, Autofamily bisa menikmati program promo yang ditawarkan sesuai lokasi, memilih metode pembayaran yang diinginkan, digital signature untuk tanda pemesanan kendaraan.

Bahkan untuk ‘pengiriman’ dokumen via online, berkat teknologi Optical Character Recognition, di mana untuk registrasi sangat mudah cukup dengan upload KTP, maka form otomatis langsung terisi.

Baca juga:  Ngovi2000 Bersama Heri Kusrianto dan COO Auto2000

Sementara dari sisi layanan purna jual, Autofamily bisa melakukan booking servis berkala di bengkel Auto2000 cukup melakukannya di aplikasi tersebut.

Terbaru, booking bisa dipilih dengan option waktu atau pilihan lokasi bengkel, dan sistem di website akan memperlihatkan pilihan bengkel yang tersedia/available saja.

Untuk layanan kunjung ke rumah, tersedia juga THS-Auto2000 Home Service. Di sini, Auto2000 Digiroom menyajikan tracking proses seperti posisi teknisi THS, serta status pekerjaan, baik bengkel, THS, dan body repair, hingga notifikasi ketika order sudah selesai.

Tersedia pula booking layanan Bodi & Cat berisi layanan perbaikan bodi kendaraan Toyota. Tak perlu khawatir untuk pemesanan dan pembelian suku cadang serta aksesoris untuk mobil Anda.

Dengan mengakses website www.auto2000.co.id, kedua kebutuhan tersebut bisa diperoleh dengan cara yang mudah dan praktis, termasuk mengatur jadwal pemasangan di cabang Auto2000.

Manfaatkan e-Wallet
alat pembayaran non tunai atau disebut Less Cash Society di kalangan masyarakat makin marak, sebagai salah satu cara preventif menghindari penyebaran Covid-19.

Metode pembayaran tersebut juga diterapkan oleh Auto2000, selain tentunya secara tunai di seluruh cabangnya di Tanah Air, baik untuk pembelian unit baru maupun saat melakukan perawatan berkala.

Dengan alasan keamanan, Auto2000 tidak menerima alat pembayaran yang tidak diakui oleh Pemerintah Republik Indonesia seperti bitcoin atau semacamnya.

Baca juga:  Upaya Auto2000 Tingkatkan Layanan Online dan Offline di 2021

Meski begitu, Auto2000 juga tidak menolak pembelian mobil baru berapapun harganya dengan uang tunai asalkan sesuai dengan aturan yang berlaku.

AutoFamily bisa melakukan pembayaran dengan memanfaatkan transfer antar bank, virtual account, kartu debit, kartu kredit, atau bahkan yang sedang ramai digunakan yakni e-wallet.

Bank Indonesia telah mengeluarkan ijin penggunaan QRIS sebagai salah satu alat bayar non tunai, dan Auto2000 juga memberikan kemudahan pembayaran dengan menerima transaksi pembayaran menggunakan itu.

Pemilik mobil bisa memanfaatkan layanan THS – Auto2000 Home Service, dengan melakukan booking service terlebih dahulu.

Metode pembayaran melalui fasilitas e-wallet ini sebagai upaya mencegah penularan virus COVID-19 dan memberikan kemudahan bagi AutoFamily.

Saat ini transaksi QRIS baru bisa digunakan untuk pembayaran layanan after sales, baik servis berkala, general repair, maupun body repair di seluruh cabang Auto2000.

Bagi Autofamily yang ingin melakukan pembayaran via aplikasi pembayaran atau internet banking yang mempunyai fasilitas QR reader, dapat memintanya di kasir cabang Auto2000 atau petugas THS – Auto2000 Home Service yang berkunjung ke rumah.

Selanjutnya, petugas Auto2000 akan memberikan print out transaksi yang di dalamnya terdapat QR code. Kemudian tinggal melakukan scan dan membayar sejumlah yang ditagihkan melalui aplikasi perbankan miliknya.

Selesai, maka front liner Auto2000 akan memberikan struk bukti transaksi lewat QR code. Adapun bank-bank yang bekerja sama diantaranya Bank BCA, Bank Mandiri, dan Bank Permata. [dp/MTH]