Nissan Magnite Raih 4 Bintang Uji Tabrak NCAP ASEAN | dapurpacu.id

Nissan Magnite Raih 4 Bintang Uji Tabrak NCAP ASEAN


DAPURPACU – Nissan Magnite berhasil meraih 4 bintang dalam uji keselamatan yang dilakukan New Car Assessment Program for Southeast Asian Countries (NCAP ASEAN).

Autocarindia menyebutkan, hasil yang didapat SUV kompak tersebut tergolong cukup baik. Meski begitu, pihak NCAP ASEAN belum memberikan rincian keseluruhan uji, dan bakal diumumkan dalam waktu dekat.

Sebelumnya, Nissan Kick juga telah diuji dan mendapatkan skor 86,93 poin atau meraih rate 5 bintang. Setidaknya dengan perolehan 4 bintang, Magnite sudah punya ‘modal’ dalam hal keamanan maksimal dari fitur-fitur yang disematkan.

Sebagai informasi, Magnite dibangun di atas platform CMF-A +. Platform ini juga menjadi basis pengembangan Renault Triber dan Renault Kiger, yang tidak lama lagi bakal hadir di Indonesia.

Platform ini sendiri merupakan turunan dari arsitektur Renault-Nissan CMF-A (Common Modular Family – segmen A), yang juga dipasangkan pada Kwid dan Datsun Redigo di pasar India.

Foto: Rushlane

Kembali ke pengujian NCAP, hingga kini, Magnite merupakan model produksi India pertama yang dibangun di atas platform ini untuk menjalani uji tabrak dari lembaga itu.

Sementara baik Kwid maupun Redigo, dalam pengujian tabrak tersebut tidak mampu memberikan hasil terbaik. Dengan hasil ini, Nissan tentu bisa bernapas lega, mengingat faktor keamanan menjadi pertimbangan utama oleh konsumen.

Nissan Magnite dibekali beragam fitur keselamatan mumpuni, mulai dari Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), serta Hydraulic Brake Assist (HBA).

Lalu ada fitur Vehicle Dynamic Control (VDC), Traction Control System (TCS), Hill Start Assist (HSA), hingga airbag ganda SRS dengan sabuk pengaman pretension dan load limiter untuk pengemudi dan penumpang depan.

Di Indonesia, SUV kompak ini dibanderol mulai dari Rp208 juta OTR Jakarta, dengan garansi 3 tahun/100.000 km (mana yang tercapai dulu). [dp/MTH]