Mobil Bekas Daihatsu Masih Dibidik Masyarakat di Saat Pandemi | dapurpacu.id

Mobil Bekas Daihatsu Masih Dibidik Masyarakat di Saat Pandemi


DAPURPACU – Terus bertahan menempati posisi kedua tangga penjualan roda empat secara nasional hingga 12 tahun belakangan, performa Daihatsu tidak hanya pada lini model baru saja.

Unit seken atau mobil bekas yang banyak dijual para pedagang mobkas termasuk di balai lelang Auksi serta mobil88, menunjukan performa yang apik dari lini model yang dijual di sana.

Keduanya pun mengeklaim dari data penjualan mobil bekas Daihatsu sebagai brand terlaris nomor 2 (19%) di sepanjang 2020. Sementara mobil88, Daihatsu berkontribusi sebesar 16 persen penjualan mobil bekas.

Head of Customer Satisfaction & Value Chain Division PT Astra Daihatsu Motor, Elvina Afny mengatakan, lini model Daihatsu sudah tidak perlu diragukan lagi dari segala sektor.

“Kurang dari 1 bulan setelah akuisisi, mobil Daihatsu biasanya cepat terjual di showroom Mobil88. Selain paling banyak diminati, mobil bekas Daihatsu juga tidak butuh waktu lama untuk cepat laku,” imbuhnya, disela temu virtual beberapa waktu lalu.

Baca juga:  Daihatsu Kembali Gelar Even Virtual Akhir Pekan ini

Jadi, lanjut Elvina, kalau dirata-rata sekitar 0,9 bulan mobil Daihatsu sudah terjual kembali. Bahkan, lanjut Ayla hanya dalam 0,7 bulan itu bisa terjual kembali.

“Tercatat rasio perputaran mobil merek Daihatsu di showroom Mobil88 kurang dari 1 bulan, kisaran 2-3 minggu saja sudah bisa terjual kembali setelah diakuisisi,” tambahnya.

Senada dengan Elvina, COO Mobil88, Halomoan Fischer menuturkan, tingginya peminat mobil bekas Daihatsu juga disebabkan larisnya lini model baru di pasaran. Seperti diketahui, sepanjang 2020 lalu, Daihatsu hanya merilis dua penyegaran model.

“Bicara pasar mobil bekas, sebenarnya (penjualan mobkas) itu adalah turunan dari mobil baru. Jadi kalau di mobil baru itu Daihatsu di posisi kedua, artinya secara brand image ya sudah sangat diterima masyarakat, baik itu secara kualitas mobil atau layanan bengkelnya,” ucap Fischer.

Faktor masih tingginya peminat mobil Low MPV, serta paling rendahnya depresiasi Xenia dibandingkan model Daihatsu lainnya, membuat mobil ini paling banyak dicari.

Baca juga:  Miliki Fasilitas ini di Pabrik, Daihatsu Pabrikan Mobil Paling Ramah Lingkungan

“Seperti contoh untuk Daihatsu Xenia 2018 misalnya. Dengan usia 3 tahun depresiasinya hanya 28 persen, jadi tidak terlalu tinggi turunnya,” pungkas Fischer. [dp/MTH]