Sistem Pengereman Kurang Berfungsi Baik, Yuk Cek di Auto2000 | dapurpacu.id

Sistem Pengereman Kurang Berfungsi Baik, Yuk Cek di Auto2000


DAPURPACU – Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan di jalan adalah kendaraan mengalami rem blong. Banyak kondisi yang menyebabkan tidak berfungsinya rem dengan baik.

Rem blong adalah suatu kondisi di mana rem mobil mengalami kegagalan ketika bekerja yang menyebabkan sistem pengereman tidak bekerja dengan baik, bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Alhasil, atas kondisi tersebut kecepatan mobil tidak bisa dikurangi dan berpotensi mengakibatkan kecelakaan fatal di jalan jika tidak bisa dikendalikan.

Masalah rem blong sering dialami oleh mobil berusia lanjut atau dengan jarak tempuh tinggi. Terlebih jika mobil tersebut tidak rutin menjalankan servis berkala, atau gampangnya mengecek beberapa komponen yang terkait dengan sistem pengereman.

Penyebab umum mobil mengalami rem blong yaitu permasalahan pada minyak rem, seperti minyak rem yang habis karena pemilik mobil alpa atau lupa mengisinya kembali.

Atau masuknya udara pada sirkulasi minyak rem bisa menyebabkan terjadinya oksidasi dan menghasilkan uap air yang akan menguap saat panas dan membuat tekanan minyak rem menurun.

Kualitas minyak rem yang buruk karena terpengaruh suhu atau kedaluwarsa bisa menjadi penyebab. Mobil yang cukup berumur juga bisa memiliki endapan lumpur di dalam sistem rem yang bisa menyumbat dan menyebabkan rem blong.

Termasuk munculnya karat pada komponen perangkat rem yang berbahan besi, sehingga merusak senyawa kimia minyak rem dan menimbulkan endapan lumpur.

Kemudian adalah komponen selang berbahan karet yang sudah getas, menyebabkan tidak lagi fleksibel dan pecah saat menerima tekanan berat.

Kampas rem aus, kaliper membeku, piston rem atau seal piston master silinder rusak akibat pemakaian yang terlalu lama juga bisa memicu rem mobil gagal berfungsi.

“Cek secara rutin komponen rem mobil agar tidak bermasalah di jalan,” jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000, dalam keterangan tertulisnya.

Langkah paling mudah dan efektif untuk mencegah rem mobil blong adalah dengan melakukan servis berkala di bengkel Auto2000, karena teknisi akan mengecek kondisi sistem rem keseluruhan.

Jangan ragu untuk berdiskusi dengan Service Advisor bengkel Auto2000 yang bertugas kalau dirasa ada yang tidak beres dengan sistem pengereman mobil.

Untuk itu, tersedia Paket SPONTAN (Siaga Kupon Perawatan) untuk mobil Toyota dengan odometer di atas 50.000 km, atau sudah tidak memiliki kuota free servis berkala dengan 3 opsi paket yang bisa dimanfaatkan melalui Auto2000 Digiroom. [dp/MTH]