Berkendara Motor Nyaman Bermula Dari Posisi Duduk | dapurpacu.id

Berkendara Motor Nyaman Bermula Dari Posisi Duduk


DAPURPACU – Para bikers menyuka turing, tentu menjadi momen yang menyenangkan, baik itu dilakukan sendiri atau pun kala membesutnya bersama rekan sejawat dalam wadah komunitas.

Ratusan kilometer jarak yang ditempuh menuju titik finis sudah barang tentu tidak akan terasa. Agar lebih maksimal saat melakoninya, dibutuhkan prilaku khusus dengan maksud perjalanan tidak cepat lelah.

Pasalnya, lelah menjadi salah satu faktor yang berpotensi menurunnya konsentrasi saat berkendara. Terlebih bila kondisi tersebut didukung oleh cuaca yang tidak menentu seperti saat ini.

Menurut Manager Safety Riding AHM, Johanes Lucky, postur berkendara yang benar dan nyaman dapat menurunkan potensi terjadinya kecelakaan akibat faktor kelelahan.

Pahami Prediksi Bahaya Bagi Pengendara Sepeda Motor di Jalan Raya

Dalam keterangan tertulisnya, Lucky mengakui bahwa dalam berkendara, fokus dan kenyamanan menjadi aspek yang sangat penting selama di perjalanan. Pengendara harus mampu mengidentifikasi medan atau kondisi jalan yang dilewati.

“Tapi di waktu bersamaan juga harus rileks agar menghilangkan ketegangan sehingga mengurangi letih yang terlalu cepat ketika berkendara dengan sepeda motor,” imbuhnya.

Baca juga:  Honda New CB150X Laris Manis di GIIAS 2021

Untuk itu, perlu diperhatikan postur berkendara yang tepat dan benar. Kondisi ini tentu berbeda perlakukannya tergantung jenis sepeda motor yang digunakan.

Misalya saat mengendarai Honda PCX baru. Sebagai informasi, skutik yang kini mengusung mesin 160 cc eSP+ ini menawarkan segitiga ergonomi postur berkendara yang cocok untuk perjalanan jarak dekat maupun jauh.

Berikut beberapa postur berkendara yang nyaman dan menyenangkan ala Astra Honda Motor :

1. Ride on Position
Pada posisi ini, tubuh bagian atas pengendara akan lebih santai. Hal ini dikarenakan posisi punggung yang tegak sehingga dapat menurunkan stress pada bagian bahu, punggung dan leher.

Untuk PCX, posisi stang kemudi yang sedikit lebih tinggi dari posisi pinggul membuat tangan bagian depan lebih rileks. Menurunnya ketegangan pada otot tangan bagian depan memberikan pengendalian yang nyaman dan maksimal.

Selain itu, posisi lutut yang relatif rata dengan pinggul dapat mengurangi stres atau ketegangan pada paha, ditunjang dengan desain jok yang mampu menyangga dengan baik.

Baca juga:  Inilah Instruktur Terbaik Keselamatan Berkendara Honda

2. Leasure Position
Ini adalah posisi di mana kaki dapat berpindah ke bagian depan ketika sedang berkendara, seperti yang ditawarkan oleh PCX terbaru. Posisi ini dapat digunakan untuk menurunkan ketegangan pada kaki bagian bawah atau betis saat melakukan perjalanan jarak jauh.

Saat dirasa ketegangan pada kaki bagian bawah sudah membaik atau berkurang, kita bisa kembali pada posisi Ride On Position.

“Dengan posisi berkendara yang benar, riders tetap dapat memperhatikan keselamatan sehingga berkendara akan menjadi lebih aman dan menyenangkan,” tutup Lucky. [dp/MTH]