Adira Insurance Kembali Gelar IRSA 2021 | dapurpacu.id

Adira Insurance Kembali Gelar IRSA 2021

Adira Insurance kembali menggelar IRSA untuk mengampanyekan keselamatan jalan kepada masyarakat.

DAPURPACU – PT Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) menyadari pentingnya meningkatkan kepedulian masyarakat akan keselamatan di jalan.

Melalui Indonesia Road Safety Award (IRSA), sebagai salah satu program CSR dalam I Wanna Get Home Safely (IWGHS), perusahaan asuransi ini terus mengampanyekan aman di jalan.

Wayan Pariama, Direktur Adira Insurance menuturkan, IWGHS merupakan kampanye yang menggaungkan pesan keselamatan jalan bagi masyarakat luas di Indonesia, yang sudah berjalan selama lebih dari 10 tahun.

“Kami melihat untuk meningkatkan kesadaran berperilaku aman dan selamat, diperlukan edukasi keselamatan berkendara yang meningkatkan pengetahuan dan kesadaran pengguna jalan,” ujar Wayan.

IRSA merupakan bagian dari program CSR IWGHS.

Hal ini diungkapkan Wayan dalam webinar bertajuk Indonesia Bangkit: Pulihnya Mobilitas dan Tingkatkan Kesadaran Berperilaku Aman dan Selamat Saat Berada di Jalan, Selasa (30/3) lalu.

Dia menuturkan, melalui IRSA setiap Pemerintah Kota dan Kabupaten dapat menerapkan tata kelola keselamatan jalan terbaik di Indonesia. Tujuan utamanya menurunkan angka kecelakaan dan fatalitasnya di Indonesia.

“Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat baik pemerintah, pihak lembaga swadaya masyarakat, pihak swasta, masyarakat dan berbagai pihak lainnya untuk peduli terhadap keselamatan jalan,” imbuhnya.

Tahun ini, menyesuaikan dengan situasi pandemi Covid-19, Adira Insurance melakukan beberapa penyesuaian dalam pelaksanaan IRSA demi mengutamakan keselamatan dan keamanan seluruh peserta.

Adira Insurance melakukan studi pemetaan profil keselamatan jalan di 15 kota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia melalui Road Safety Behavior Research.

Adira Insurance mengajak Pemerintah Kota dan Kabupaten untuk menerapkan tata kelola keselamatan jalan terbaik di Indonesia.

Berbeda dari program IRSA sebelumnya, riset tahun ini berfokus pada perilaku berkendara masyarakat Indonesia yang mencakup tiga aspek yaitu pengetahuan, sikap, dan perilaku.

Melalui project IRSA sebelumnya, Adira Insurance melihat implementasi program keselamatan jalan di pemerintah kota dan kabupaten serta persepsi masyarakatnya, sementara riset tahun ini berfokus pada aspek berbeda yaitu perilaku masyarakat itu sendiri.

Riset ini dilakukan dalam 3 bulan sejak Oktober 2020. Riset dilakukan berdasarkan 1.500 responden yang tersebar di 15 kota besar di Indonesia, yaitu DKI Jakarta, Tangerang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Medan, Padang, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, dan Makassar.

“Kami berharap webinar ini dapat membangun kembali kesadaran masyarakat akan pentingnya berperilaku aman dan selamat saat di jalan, terutama saat ini seiring dengan pulihnya mobilitas pasca pandemi,” pungkas Wayan. [dp/MTH]