Honda Monkey Model 2022 Dibekali Mesin Baru | dapurpacu.id

Honda Monkey Model 2022 Dibekali Mesin Baru


DAPURPACU – Honda resmi meluncurkan model penyegaran dari Monkey produksi 2022 untuk pasar Eropa, Senin (21/6) lalu. Pabrikan sepeda motor Jepang ini melakukan ubahan cukup signifikan di berbagai sektor.

Untuk model 2022, dari sisi tampilan tetap menonjolkan sepeda motor yang ringan, gesit sekaligus menyenangkan berkat karakter retronya kala membesutnya di jalan raya.

Ubahan pada tampilan diperlihatkan pada spakbor dibalut krom, setang mini-ape, jok yang tebal, tangki bahan bakar berbentuk kacang, ban chunky, dan sistem pembuangan upswept dengan pelindung.

Tangki BBM berkapasitas 5,6 liter dibalut warna kombinasi klasik, sementara suspensi depan dan belakang berkelir warna serupa. Disematkan juga logo Honda berdesain 3-D Classic Wing.

Motor yang pada era tahun 60-an lazim disebut Z50 memiliki bobot sekitar 104 kg dengan ketinggian jok 775 mm. Suspensi depan mengusung upside-down (USD) dengan travel 100 mm.

Sedangkan suspensi belakang hadirkan peredam kejut ganda dengan pegas dua tahap untuk meningkatkan kendali mumpuni saat di tikungan atau menemui jalan bergelombang.

Bagian pelek ukuran 12 inci ini disandingkan cakram 220 mm di depan dan belakang 190 mm ini sudah memiliki sistem rem ABS berbasis IMU.

Penyegaran paling signifikan pada sektor performanya, di mana mesin berkapasitas 124 cc berpendingin udara telah berstandarisasi Euro 5, menghasilkan tenaga 9,3 hp dengan torsi 11 Nm pada 5.500 rpm.

Tenaga dan torsi ini mendapat asupan baru, bok udara yang didesain ulang, serta katalitik konverter yang sudah direvisi. Begitu juga dengan knalpotnya yang telah didesain ulang, dengan chamber tunggal baru menggantikan versi sebelumnya.

Konfigurasi tenaga dan torsi disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 5 percepatan, menggantikan model terdahulu yang hanya 4 speed saja.

Rasio gigi juga telah diseting lebih rendah secara keseluruhan. Bicara soal keiritannya, Honda Monkey baru ini diklaim mencapai 66,7 km/liter dengan top speed sekitar 91 km/jam.

Honda Monkey 125 model 2022 hadir dalam beberapa pilihan warna, yakni Pearl Glittering Blue, Banana Yellow, dan Pearl Nebula Red, dengan harga 3.899 Euro, atau sekitar Rp67 jutaan.

Motor mini trail tersebut dijadwalkan hadir di dealer Honda di wilayah Eropa pada Agustus mendatang. [dp/MTH]