Hankook Ventus S1 evo 3 ev Resmi 'Membalut' Audi e-tron GT | dapurpacu.id

Hankook Ventus S1 evo 3 ev Resmi ‘Membalut’ Audi e-tron GT


DAPURPACU – Ban Hankook Ventus S1 evo 3 ev resmi menjadi ban standar (original equipment) untuk mobil listrik pertama Audi yaitu e-tron GT, yang diluncurkan pada tahun ini.

Hankook Tire sendiri telah melalui berbagai penyempurnaan teknis agar memungkinkan performa mobil sport listrik lansiran Jerman tersebut semakin maksimal.

Ban Ventus S1 evo 3 ev yang dipasangkan di Audi e-tron GT berukuran 225/55R19 XL 103Y untuk dipasangkan di bagian depan, sementara di belakang menggunakan diameter 275/45R19 XL 108Y.

Wakil Presiden Eksekutif dan Direktur Divisi OE, Jeongho Park mengakui bahwa pengembangan ban listrik sangat kompleks, dan kini sepadan dengan upaya Hankook melakukan ekspansi penelitian di bidang ini sejak lama.

“Hankook kini direpresentasikan untuk sejumlah model ban premium di segmen mobil sport listrik, termasuk Audi e-tron GT, dan posisi kami sangat baik dalam segmen ini secara keseluruhan,” tambahnya.

Untuk mendukung performa Audi e-tron GT, pola tapak Ventus S1 evo 3 telah diadaptasikan secara khusus untuk meredam kebisingan ban hingga sekitar 3 desibel.

Menurut Park, meredam kebisingan ini sangat penting seiring suara mesin yang juga senyap, maka suara gesekan jalan dan ban dianggap lebih keras.

Untuk mengantisipasi tekanan tinggi yang dihasilkan performa kendaraan yang kuat, ban juga didukung dengan teknologi bead-packing dan kekakuan lateral tinggi demi memberikan handling yang tepat bahkan saat digunakan dalam kecepatan tinggi.

Dengan karakteristik mobil Grand Turismo seperti Audi e-tron GT, ban menjadi komponen penting guna memberikan kenyamanan berkendara bahkan untuk digunakan jarak jauh.

Bambatan gulir Ventus S1 evo 3 ev juga telah dikurangi hingga 13%.

“Ban Hankook membawa kekuatan berkendara bagi Audi e-tron GT saat meluncur di jalanan, dan di waktu yang sama juga memberikan resistensi gulir yang rendah,” jelas Park.

“Itu semua sebagai kunci bagi efisiensi dan kemampuan jarak yang jadi keunggulan mobil listrik. Kami bangga dengan hasilnya,” pungkasnya.

Untuk memenuhi kebutuhan spesifik bagi mobil listrik, para insinyur Hankook telah mengoptimasi proses vulkanisasi untuk kompon ban berdasarkan pengaplikasiannya untuk memastikan keseimbangan antara suhu, waktu, dan tekanan.

Hasilnya, daya tahan Ventus S1 evo 3 ev lebih baik sekitar 30% dibanding dengan standar tapak kompon ban. Kinerja abrasi juga telah ditingkatkan hingga 5% dibandingkan model konvensionalnya.

Sedangkan secara keseluruhan hambatan gulir ban Ventus S1 evo 3 ev juga telah dikurangi hingga 13 persen. [dp/MTH]