Segini Keuntungan Penjualan Wuling Hongguang Mini EV | dapurpacu.id

Segini Keuntungan Penjualan Wuling Hongguang Mini EV


DAPURPACU – Xcar melaporkan bahwa Wuling hanya mengambil keuntungan RMB89 atau setara dengan US$14 dari setiap unit penjualan Hongguang Mini EV. Torehan positif telah diraih mobil ini sejak diluncurkan pada Juli 2020.

Kemunculan city car bermesin listrik ini mampu menggoyahkan supermasi Tesla Model 3 sebagai EV terlaris. Dibuktikan hingga Januari 2021 sudah terjual sebanyak 160 ribu unit.

Dengan pencapaian itu Wuling meyakini mampu memasarkan lebih dari 400 ribu unit sampai akhir tahun ini. Jika saja terjadi, maka Hongguang Mini EV hanya butuh kurang dari 2 tahun untuk mengalahkan Tesla Model 3.

Hanya saja dengan jumlah penjualan yang tinggi hingga sekitar 560 ribu unit, Wuling hanya mengeruk keuntungan sebesar US$7,8 juta atau sekitar Rp113 miliar.

Beruntungnya Wuling menerapkan sistem pembiayaan kepada konsumen yang mereka sebut kredit karbon, dimana setiap unit Hongguang Mini EV memiliki dua lembar. Kredit karbon ini sendiri bernilai RMB3.000 atau setara US$464.

Berarti Wuling mampu menghasilkan keuntungan lebih banyak melalui metode pembiayaan tersebut. Dengan perkiraan penjualan 560 ribu unit, Wuling memperoleh keuntungan sekitar US$259,8 juta.

Hasil itu kurang lebih sama dengan jumlah laba yang dihasilkan Tesla Model 3 di setiap kuartal dengan aturan ini di Amerika. Wuling berencana menjual mobil itu di luar pasar domestik. [dp/MTH]