Spektra Didapuk Perusahaan Pembiayaan 'Sehat' Selama Pandemi | dapurpacu.id

Spektra Didapuk Perusahaan Pembiayaan ‘Sehat’ Selama Pandemi


DAPURPACU – PT Astra Multi Finance (Spektra) meraih penghargaan sebagai perusahaan multifinance yang berhasil bertahan dan mencatatkan kinerja positif selama masa pandemi.

Penghargaan yang diraih salah satu line of bussiness (LOB) PT Federal International Finance (FIFGroup) ini diberikan oleh Majalah Infobank di ajang Infobank 17th Multifinance Awards 2021, Senin (26/7) lalu.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan ini. Tentu saja kami sangat bersyukur atas penghargaan ini,” kata AMF Spektra & MPF Marketing Area 2 Department Head, Doni Sutarko.

Doni mengatakan bahwa apresiasi tersebut akan menjadi semangat bagi seluruh jajaran di dalam Spektra untuk dapat berkarya dengan semakin baik ke depannya.

Pada ajang ‘Rating Infobank Multifinance Awards 2021’, Spektra meraih predikat ‘Sangat Bagus’ dalam kategori Perusahaan Pembiayaan ‘Beraset Rp500 Miliar Sampai Dengan Di Bawah Rp1 Triliun’ dan tanpa henti selama ’10 Tahun Berturut-turut’.

Dengan hasil itu Spektra juga dianugerahi penghargaan Platinum Trophy. Penghargaan ini didasarkan pada metodelogi penelitian “Rating 145 Multifinance versi Infobank 2021”.

Kali ini ada 41 perusahaan pembiayaan yang mendapat predikat ‘sangat bagus’, 33 perusahaan berpredikat ‘bagus’, dan 43 perusahaan berpredikat ‘cukup bagus’ pada kategorinya masing-masing.

Pemimpin Redaksi Infobank, Eko B. Supriyanto menjelaskan, masih adanya perusahaan pembiayaan berpredikat ‘sangat bagus’ merupakan bukti industri multifinance masih reliable dalam memberikan pembiayaan.

“Kita melihat siapa pun mengeluh saat ini. Namun, ini persoalan mindset dan strategi. Bagaimana kita melihat krisis saat ini, dan strategi apa yang diterapkan adalah dua hal vital untuk dapat bertahan dalam kondisi seperti ini,” tutup Eko.

Dari total 171 perusahaan pembiayaan per akhir 2020, Biro Riset Infobank (birI) hanya mampu “mengolah” laporan keuangan 145 perusahaan untuk di-rating.

Perlu diketahui bahwa perusahaan pembiayaan yang di-rating adalah mereka yang menyajikan laporan keuangan secara lengkap selama dua tahun berturut-turut.

Pendekatan yang digunakan Biro Riset Infobank dalam melakukan penilaian terhadap kinerja keuangan perusahaan pembiayaan tetap memakai pertumbuhan dan rasio.

Pemilihan metode penilaian menggunakan pertumbuhan dan rasio ini dinilai lebih mendekati kondisi riil (kenyataan) di lapangan. [dp/MTH]