All New Nissan Leaf Resmi Hadir, Banderolnya Rp600 Jutaan

DAPURPACU – PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) akhirnya resmi meluncurkan All-New Leaf, setelah sebelumnya membuka keran pemesanan untuk mobil listrik terbarunya itu.

Mobil yang didatangkan langsung dari Jepang ini dijual dengan harga Rp649 juta untuk varian one tone dan Rp651 juta untuk dual tone, dengan status on the road Jakarta.

Saat peluncuran secara virtual, Rabu (18/8), Presiden Direktur NMDI, Evensius Go mengatakan bahwa hadirnya mobil ini untuk membawa mobilitas elektrifikasi semakin dekat bagi masyarakat Indonesia.

“Lebih dari 500 ribu konsumen di seluruh dunia telah beralih ke Nissan Leaf, membawa Nissan lebih dekat ke masyarakat yang lebih berkelanjutan, lebih aman dan ramah lingkungan,” jelas Evensius.

All New Leaf dibekali baterai lithium-ion 40 kWh dan diklaim mampu menjelajah hingga jarak 311 km untuk sekali pengisian daya, berdasarkan hasil test New European Driving Cycle (NEDC).

Baca juga:  Transformasi Suzuki Baleno Selama 27 Tahun, Dari Sedan Jadi Hatchback

Hal ini setara dengan penggunaan rata-rata harian sekitar 40 km selama satu minggu, hanya dengan satu kali pengisian penuh.

Di atas kertas, motor listrik All-New Leaf menyuguhkan limpahan tenaga 110 kW atau setara 148 hp dengan torsi maksimum 320 Nm. Hal ini membuatnya mampu berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam 7,9 detik dengan kecepatan maksimal 155 km/jam.

Sebagai informasi, baterai listrik yang ditanamkan pada hatchback ini dikembangkan sendiri oleh Nissan dan telah diuji ketangguhannya hingga melahap puluhan ribu kilometer.

Selain pengujian baterainya, Nissan juga telah melakukan kualitas dan ketahanan paling ketat, serta tergolong ekstrem termasuk uji banji dan petir.

Pengisi daya baterai pun dipastikan aman dalam berbagai kondisi cuaca dan dirancang khusus untuk melindungi kendaraan dan penumpang dari sengatan listrik, bahkan saat hujan sekalipun.

Untuk pengisian daya listrik dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu pengisi daya Portable (3.3 Kw), yang memungkinkan baterai dapat terisi penuh dalam 12 – 15 jam.

Baca juga:  GIIAS 2022 Janjikan Banyak Kehadiran Kendaraan Listrik

Pengisian All New Leaf juga bisa dilakukan melalui Home Charger (AC 7.4 Kw) dengan waktu 5 – 7 jam. Jika tidak sempat di rumah, pengisiannya dapat dilakukan di SPKLU atau di diler terdekat yang menyediakan charging station.

Konsumen akan mendapat garansi selama 3 tahun atau 100.000 km, garansi untuk baterai selama 8 tahun atau 160.000 km, serta bebas biaya perawatan selama 5 tahun atau 70.000 km.

Ketersediaan All New Leaf hanya ada di lima dealer Nissan saja, yakni Nissan MT. Haryono (Jakarta Timur), Nissan TB Simatupang (Jakarta Selatan) dan Nissan Puri Indah (Jakarta Barat), Nissan Roxy (Jakarta Pusat), dan Nissan Bekasi Barat (Bekasi).

Adapun enam pilihan warna yang ditawarkan meliputi White Pearl, Blade Silver, Gun Metallic, Black Star, Night Blue, serta Radiant Red.

Sedangkan lima pilihan warna dual-tone diantaranya White Pearl with Black Roof, White Pearl with Blue Roof, Black Star with Grey Roof, Night Blue with Black Roof dan Radiant Red with Black Roof. [dp/MTH]