Fitur Perintah Suara Kini Tersedia Pada TARRA | dapurpacu.id

Fitur Perintah Suara Kini Tersedia Pada TARRA


DAPURPACU – Toyota melakukan pengembangan pada salah satu layanan digitalnya, yaitu Toyota Interactive Virtual Assistant (TARRA) melalui mobile apps mTOYOTA.

Pengembangan ini berupa fitur ‘voice command’ saat mengakses berbagai informasi tentang Toyota. Sebelumnya, pengguna harus mengetik/chatting untuk dapat berkomunikasi dengan TARRA atau mendapatkan informasi Toyota.

Layanan chatbot dari Toyota atau Toyota Information Personal assistant dapat diakses melalui LINE, Whatsapp, Facebook Messenger, Toyota website, dan mTOYOTA.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy mengatakan, ada pergeseran tren terhadap voice user interface karena adanya kebutuhan dari para pengguna yang menginginkan kenyamanan, kecepatan, dan kemudahan.

Toyota Astra Motor kini menghadirkan fitur perintah suara pada TARRA.

“Sehingga kami berinisiatif untuk melakukan enhancement pada TARRA dengan menambahkan fitur voice command, untuk mempercepat konsumen mendapatkan informasi produk, teknologi, maupun layanan Toyota,” ujar Anton.

Fitur voice assistant bisa diakses melalui Android dan iOS. Pengguna cukup membuka mobile apps mTOYOTA dan mengklik logo ‘TARRA’ pada landing page di halaman utama.

Pengguna bisa mengirimkan perintah atau memulai percakapan berupa suara, dengan panggilan ‘Hai, TARRA’ atau ‘Halo TARRA’ atau ‘Menu’. Lalu, TARRA akan menunjukkan menu utama aplikasinya.

Pengguna dapat meneruskan perintah berupa suara untuk menyampaikan suatu pertanyaan dan memilih salah satu pilihan yang muncul dalam bentuk tombol/karosel (jika ada) dengan cara klik.

Nantinya TARRA akan menjawab pertanyaan tersebut secara langsung melalui suara dan teks, maupun menunjukkan tombol/karosel lainnya jika ada.

TARRA tetap dapat mengerti pertanyaan dari pengguna walaupun ada background/noise suara lain, asalkan efek tersebut tidak lebih besar dari suara penggunanya.

Selain itu, TARRA juga tetap bisa mengerti pertanyaan dari user meskipun dengan logat daerah selama tetap menggunakan Bahasa Indonesia. Pengguna bisa mendapatkan informasi secara cepat dan interaktif setiap hari dan full selama 24 jam.

Informasi di TARRA antara lain promo dan program baru, info produk (Brosur, Fitur dan Harga), pembelian mobil, booking servis, keunggulan mobil Toyota, simulasi kredit, informasi tentang dealer terdekat, lokasi bengkel Toyota dan tips perawatan kendaraan.

Sejak diluncurkan perdana pada Maret 2019 hingga saat ini, Toyota mencatatkan total interaksi yang mencapai lebih dari 1,2 juta.

Sebagian besar pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan kepada TARRA antara lain terkait lokasi bengkel Toyota, info servis yang dimiliki Toyota, info terkait produk, promo, dan lain-lain. [dp/MTH]