Honda Dobrak Lagi Pasar Cina Dengan CRF190L | dapurpacu.id

Honda Dobrak Lagi Pasar Cina Dengan CRF190L


DAPURPACU – Honda ternyata cukup mengerti rasa penasaran publik dunia, khususnya pasar India mengenai kapan kemunculan model penjelajah ‘kelas pemula’ CB200X.

Untuk itu, pabrikan sepeda motor asal Jepang itu punya cara jitu, yakni dengan menggelontorkan produk adventure atau dual-sport terbarunya di pasar Cina.

Adalah CRF190L, yang digadang-gadang cocok bagi pecinta petualangan alam bebas pemula. Dari tampilannya, motor ini berpotensi besar menembus pasar lainnya terutama di Asia.

Sejalan dengan CB200X, Honda CRF190L juga didapuk menjadi model pembuka bagi biker pemula generasi milenial yang ingin merasakan pengalaman berkendara.

Dapat dikatakan bahwa CRF190L mengambil kemampuan dan ketangguhan dari Africa Twin, sementara untuk ringan serta kelincahannya mengadopsi dari rangkaian CRF series.

Honda cukup lihai memadukan seluruh kelebihan dari model-model sebelumnya, lalu menyatukan semuanya dalam paket berwujud CRF190L dan siap untuk berpetualang kemana pun oleh pemilknya.

Baca juga:  Empat Pabrikan Motor Dunia Hadirkan Swab Baterai

Cina menjadi lokasi pertama untuk peluncuran CRF190L terbaru itu, dan diharapkan bakal tersedia jelang akhir tahun ini. Sampai berita ini diturunkan, Honda belum membuka selubung spesifikasinya.

Namun kemungkinan besar Honda akan menggunakan beberapa teknologi yang ada, terutama untuk mesin dan underpinning, serta tentu saja untuk menekan biaya.

Berdasarkan foto teaser yang dirilis dapat dilihat jelas bahwa CRF190L dibekali suspensi long-travel, velg wire-spoke dan pastinya ban dual-purpose.

Konsep desainnya tergolong inovatif untuk segmen sportbike, dengan tubuh yang besar namun cerdas dan unik. CRF190L dapat dikatakan menjadi pengalaman baru di motor sport touring besar.

Meski demikian Honda mengakui harus ada kualitas baru yang disusupkan. CRF190L menghadirkan desain dengan konsep yang memiliki ‘penglihatan jernih, tampilan besar’.

Tampilan lawas ditampilkan pada lampu utama yang tertanam tepat di bawah windshield mungil, menyingkirkan langkah tradisional di bawah hidung atau mengintegrasikan ke dalam fairing depan.

Baca juga:  Empat Pabrikan Motor Dunia Hadirkan Swab Baterai

CRF190L adalah perwujudan sempurna dari konsep ini. Lampu depan besar menerangi seluruh pemandangan di depannya, memberikan pengendara pandangan terbuka ke depan.

Gambar-gambar yang dirilis menunjukkan bahwa model ini menggunakan desain telanjang, tidak ada panel penyaringan tubuh, tangki bahan bakar, bagian-bagian mesin. Dan pengolahan kasar lainnya. Penggunaan bahan impor dalam struktur juga sangat halus.

Mengenai mesin yang dipasangkan kemungkinan besar akan ditenagai silinder tunggal berkapasitas 184 cc, pendingin udara, injeksi bahan bakar. Konfigurasi ini diyakini ditemukan juga pada CB200X khusus pasar India.

Jika demikian, berarti lontaran tenaga yang dihasilkan mencapai 16 hp dengan torsi maksimum 15,4 Nm pada 7.000 rpm. Didukung pula oleh ABS dan port pengisian USB.

Dengan pertumbuhan yang pesat dari sepeda motor segmen petualangan maupun dual-sport di Asia dan Eropa, plus racikan harga yang bersahabat, Honda yakin CRF190L bakal sukses di pasar. [dp/MTH]