Kupas Tuntas Platform Mobil Listrik Wuling GSEV

DAPURPACU – Wuling Motors memboyong produk berteknologi terbarukan ke lantai GIIAS 2021 untuk dipertontonkan kepada pengunjung, yaitu Global Small Electric Vehicle (GSEV).

GSEV sendiri merupakan platform mobil listrik yang diciptakan dan dipasarkan oleh Wuling dengan memadukan beragam pilar untuk menghadirkan mobilitas yang modern.

Dalam penjelasannya, Product Planning Wuling Motors, Danang Priatmoko selaku mengatakan, platform mobil listrik ini dibekali beberapa keunggulan untuk penggunaan di dalam kota.

Selain itu, lanjut Danang, hadirnya platform GSEV ini merupakan langkah berikutnya dalam persiapan Wuling untuk ikut serta di kancah pasar mobil listrik di Indonesia.

“Kami berharap pengenalan platform ini dapat memberikan gambaran lebih jelas lini produk EV Wuling yang akan dipasarkan di Tanah Air tahun depan,” imbuhnya disela temu media, Senin (15/11).

Danang mengklaim bahwa basis platform GSEV sendiri telah mendapatkan respon yang positif di pasar negara asalnya dan memiliki beragam lini produk yang ditawarkan.

Baca juga:  Chery Group Catat Pertumbuhan 37,8% dari Tahun Lalu

Sebagai informasi, tahun 2014 menjadi awal bagi Wuling mengembangkan mobil listrik, sejalan arahan pemerintah Tiongkok memulai era kendaraan energi baru dan ramah lingkungan.

Seiring waktu berjalan permintaan akan kendaraan ini meningkat dan bahkan menjadi tren, sehingga mendorong Wuling untuk fokus pada kendaraan energi baru berukuran compact.

Karena itulah, dimensi bodi yang kompak dan nyaman menjadi salah satu keunggulan dari platform tersebut. Dengan keunggulan ini memudahkan pemilik mobil dapat manuver secara leluasa dan saat memarkir.

Terdapat dua konfigurasi pengaturan jok yang dapat diaplikasikan, yakni dua bangku atau empat bangku. Tak kalah penting adalah daya jelajahnya yang diklaim cukup jauh.

Keunggulan platform ini mampu menjelajah dari 120 km hingga 300 km, yang didukung pengisian baterai yang mudah dengan fasilitas fast charging.

Selain desain, keunggulan lainnya berupa fitur-fitur seperti Internet of Vehicle (IoV), ADAS, Automatic Parking, hingga fitur Multimedia dengan dukungan Voice Command.

Baca juga:  PLN Boyong 10 Ribu Unit Mobil Listrik BYD Jadi Armada Operasional

Sedangkan untuk unsur keselamatannya, platform GSEV telah mengaplikasikan rangka baja pada bodi serta fitur kantung udara (airbag). Baterai GSEV dijamin keamanannya melalui pengujian ketahanan tinggi, berstandar IP68 waterproof dan dilengkapi Smart Battery Management System.

Wuling sendiri telah memiliki standarisasi komponen utama khusus untuk platform GSEV yang terdiri dari desain sistem dan sel baterai, motor listrik dan sistem control electronic.

Danang menuturkan, potensi segmen mobil listrik kini semakin besar dengan adanya percepatan elektrifikasi oleh pemerintah, tren mobil listrik global yang berkembang pesat dan pengaruh tren ini ke pasar otomotif Indonesia.

“Selain itu, pengguna mobil listrik bisa menikmati berbagai benefit lainnya yang berbeda,” tutup Danang. Platform GSEV sudah diaplikasikan ke beberapa model sejak 2017.

Model-model itu mulai dari E100, E200, Hongguang Mini EV, Hongguang Mini EV Macaron, KiWi EV, hingga pada Nano EV. Di Indonesia, platform GSEV memiliki potensi di segmen kendaraan listrik.

Baca juga:  Kerjasama Honda Dengan Nissan Kembangkan Kendaraan Listrik di Jepang

Pasalnya, Wuling melihat kebiasaan berkendara di Indonesia dilakukan untuk kebutuhan komuter dengan jarak yang relatif tidak jauh dan berkendara dengan maksimal empat penumpang. [dp/MTH]

Previous articleDaihatsu Indonesia Masters 2021 Resmi Digelar Hari ini
Next articlePenjualan Suzuki Terus Membaik Hingga Oktober 2021