Jaga Pangsa Pasar Ban, Bridgestone Indonesia Fokus Perkuat Ekosistem | dapurpacu.id

Jaga Pangsa Pasar Ban, Bridgestone Indonesia Fokus Perkuat Ekosistem


DAPURPACU – PT Bridgestone Tire Indonesia lebih memilih fokus mengembangkan teknologi pada produknya dengan memperkaya line up Bridgestone dibanding menambah produk baru.

Presiden Direktur Bridgestone Indonesia, Mukiat Sutikno mengatakan, pada 2021, Bridgestone sukses mencapai market share sekitar 39% pada segmen kendaraan penumpang.

Untuk itu, kata dia, dengan proyeksi mempertahankan pangsa pasar ban nasional, bahkan dapat menguasai di atas angka itu, perusahaan akan fokus memperkuat ekosistem melalui produk, network dan layanan pada pelanggan.

“Sekarang kami fokus pada produk yang sudah ada dengan memperkaya line up size ban. Jadi kami tidak akan introduce yang baru, fokus pada portofolio yang ada,” jelasnya saat acara Media Gathering Anniversary 45th Bridgestone di pabrik Bridgestone Karawang, Jawa Barat, Kamis (2/12).

Menurutnya, pertumbuhan industri otomotif dalam negeri yang terus meningkat setelah melewati masa pandemi, merupakan pasar yang potensial, terutama setelah adanya Tol Trans Jawa.

“Jadi kemungkinan distribusi terus meningkat seiring pembangunan infrastuktrur. Hal itulah yang menjadi fokus kami saat ini. Langkah berikutnya adalah menyediakan mobile service, kita jemput bola mencapai daerah yang lebih luas,” imbuhnya.

Di waktu yang sama, Sales & Marketing Director Bridgestone Indonesia, Bangun Istyaji menerangkan, untuk menjaga pangsa pasar tetap tumbuh, perusahaan akan mengembangkan jaringan terutama evolusi digital.

“Meski begitu, untuk mendorong peningkatan pangsa pasar khususnya di masa pandemi tidak melulu lewat digital. Karena ban tidak bisa order untuk pasang sendiri, hanya bisa booking online,” tandasnya.

Menurutnya, di luar negeri, kanal digital effort-nya sangat luar biasa, tapi di Indonesia masih harus touch and feel, walau bentuk bannya sama.

“Jadi tidak bisa fully automatic dan fully optimize. Jadi kami memilih untuk membangun ekosistem terlebih dahulu, itu digital mapping-nya,” lanjut Istyaji.

Merayakan Hari Jadi ke-45 Bridgestone Indonesia

Di tahun ke-45 hadirnya Bridgestone di Indonesia, diawali dengan mengoperasikan satu buah pabrik di Bekasi yang diresmikan pada 1976 dan saat ini pabrikan ban asal Jepang ini telah memiliki 2 pabrik ban yang berlokasi di Bekasi dan Karawang.

Kedua pabrik ini didukung lebih dari 3.400 tenaga kerja lokal dan menjadi salah satu pemimpin pasar ban di pasar yang memproduksi ban penumpang serta komersil untuk bus dan truk ,yang tidak hanya dipasarkan untuk pasar domestik tetapi juga ekspor ke-70 negara.

Bridgestone Indonesia sendiri berdiri pada 5 Februari 1976 oleh Kanichiro Ishibashi, di mana beliau adalah anak dari Founder Bridgestone yakni, Shojiro Ishibashi.

Di Indonesia, produk Bridgestone Indonesia dipasarkan melaui distributor dan lebih dari 350 jaringan retail resmi seperti Bridgestone Toko Model, Bridgestone One Stop Service, Bridgestone Truck Tire Centre dan 1.500 jaringan toko lainnya di seluruh Indonesia.

Selama bertahun-tahun, pelanggan di Indonesia sudah sangat mengenal produk andalan Bridgestone diantaranya Turanza T005A dan Potenza, dimana keduanya menawarkan kenyamanan dan performa maksimal saat berkendara. [dp/DF]