45 Tahun di Indonesia, Bridgestone Sudah Ekspor ke-70 Negara | dapurpacu.id

45 Tahun di Indonesia, Bridgestone Sudah Ekspor ke-70 Negara


DAPURPACU – PT Bridgestone Tire Indonesia telah berkiprah selama 45 tahun melayani masyarakat dengan mutu tertinggi dan menghadirkan beragam inovasi.

Selama puluhan tahun tersebut, Bridgestone Indonesia berhasil menjadi salah satu pemimpin pasar ban yang tidak hanya di pasar domestik, tapi juga telah diekspor ke lebih dari 70 negara.

“Di tingkat global, tahun ini merayakan hari jadinya yang ke-90 tahun sedangkan di Indonesia tahun ini menandai 45 tahun eksistensi kami,” kata Presiden Direktur Bridgestone Indonesia, Mukiat Sutikno, saat acara Media Gathering 45th Anniversary di kantor pusatnya di Karawang, Kamis (2/12/2021).

Bridgestone Indonesia juga telah berhasil meraih kepercayaan dari berbagai pabrikan otomotif kendaraan penumpang maupun komersial sebagai ban Original Equipment (OE) kendaraan mereka.

Mengembangkan sayap bisnisnya di Indonesia sejak 1976, saat ini pabrikan ban asal Jepang telah memiliki 2 pabrik ban yang berlokasi di Bekasi dan Karawang, dengan didukung lebih dari 3.400 tenaga kerja lokal.

Kedua pabrik milik Bridgestone Indonesia memproduksi ban penumpang serta ban komersil untuk bus dan truk.

Di Indonesia, dari sisi layanan produk Bridgestone Indonesia dipasarkan melalui distributor dan lebih dari 350 jaringan retail resmi seperti Bridgestone Toko Model, Bridgestone One Stop Service, Bridgestone Truck Tire Centre (BBTC), dan 1.500 jaringan toko dan bengkel lainnya di seluruh Indonesia.

Dari sisi produk, mereka memiliki line up produk yang lengkap untuk masing-masing tipe segmen kendaraan.

Di pasaran nasional, produk Bridgestone mengisi line up untuk segmen kendaraan kelas menengah, premium, sport, touring, ramah lingkungan, serta produk ban khusus untuk Sport Utility Vehicles (SUV).

Sales & Marketing Director Bridgestone Indonesia, Bangun Istyaji mengatakan, jika melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), memasuki 2020 untuk tipe kendaraan SUV sepertinya semakin banyak diminati masyarakat.

“Diperkirakan tren ini akan terus berlanjut dan meningkat hingga 2030. Hal itu lah yang tentunya turut menjadi fokus kami dalam menghadirkan produk yang tepat di pasaran,” ungkap pria yang akrab disapa Aji.

Tren peningkatan minat terhadap SUV ini secara otomatis, menurut Aji, akan turut berpengaruh pada peningkatan penggunaan ban dengan diameter rim yang lebih tinggi, 17 inci atau lebih.

Untuk segmen ini Bridgestone diwakili oleh produk Dueler H/P 680, Dueler A/T697, Dueler M/T 674 dan untuk premium SUV tersedia Alenza.

“Namun hal ini bukan berarti mengalihkan fokus kami untuk segmen lainnya. Kami akan tetap memberikan yang terbaik untuk setiap segmen dan tipe kendaraan,” terang Aji.

Memasuki usianya yang ke-45 tahun di Indonesia, Bridgestone juga akan lebih meningkatkan layanan servisnya dengan terus menjajaki layanan mobile service.

Saat ini, Bridgestone telah mempunyai layanan Mobile Care untuk TOMO dan Mobile Service BTTC untuk menjangkau jaringan pelanggan yang lebih luas, dan memberikan kenyamanan lebih kepada konsumen. [dp/DF]