Upaya J99xAR Drift School Tingkatkan Skill Rookie Lewat Ajang ini | dapurpacu.id

Upaya J99xAR Drift School Tingkatkan Skill Rookie Lewat Ajang ini


DAPURPACU – Juragan99XAR Drift School hadir sebagai langkah dasar industri drifting di Indonesia untuk membangun generasi baru penyuka olahraga otomotif tersebut.

Seiring berbagai even offline mulai dilaksanakan, J99xAR Drift School juga menggagas aktivitas kejuaran balap mobil drift yaitu Indonesian Drift Series (IDS) dan Indonesian Drift League (IDL).

Co-Founder J99xAR Drift School, Danny Ferdito mengatakan, even ini diadakan untuk menyaring bibit-bibit baru drifter nasional. Even ini dijadwalkan digelar sebanyak enam seri sepanjang 2021.

“Tujuannya untuk menyaring bakat para drifter baru. Menggunakan sirkuit drift di J99 Drift Maxx Circuit, even ini untuk menghindari mereka melakukan aksinya di jalan umum,” ujarnya, dalam siaran resmi, Senin (13/12) lalu.

IDS ditujukan untuk peserta rookie baru agar lebih berprestasi. Nantinya akan dipilih enam orang dari kategori rookie ditingkatkan statusnya untuk mengikuti kategori profesional pada musim balap drifting 2022 mendatang.

IDS sendiri merupakan kejuaran drifting yang menggunakan sistem bracket, dimana peserta mengikuti qualifikasi untuk mencari poin tertinggi di awalnya. Kemudian, sistem tournament dari 32 besar hingga menyisakan satu orang sebagai juara utama.

Sementara untuk IDL diadakan awalnya karena di ajang IDS para peserta professional terpisah. Balapan IDL saat ini masih dikhususkan untuk peserta profesional.

Saat ini, IDL dihadirkan untuk menjaring para drifter profesional lama yang telah pensiun agar kembali berlaga pada ajang drifting di Indonesia.

Untuk kedua kategori balap itu, Mashadi dinobatkan sebagai juara utama. Disusul Carlos Max mengisi posisi kedua dan juara ketiga dihuni oleh Stephano Toton.

Danny mengakui, saat ini hanya dihadirkan untuk kelas profesional, namun pada 2022 mendatang tidak menutup kemungkinan bakal diadakan untuk kelas rookie.

IDL diadakan seperti sistem liga, dimana semua peserta akan saling bertanding dan pemenangnya bakal ditentukan dengan poin tertinggi yang diraih sepanjang musim.

Sebagai informasi, Juragan99XAR Drift School merupakan sekolah terbuka untuk umum dan terbagi menjadi dua kelas, yaitu Rookie dan Pro serta menerapkan sistem One Day Class satu kali seminggu.

Sekolah ini beralamat di Ruko Mendrisio 3 Blok D3 No. 33, Jalan Gading Serpong Boulevard, Tangerang. Metode pembelajaran mulai dari teori dasar, pelatihan menggunakan simulator E-Sports dan praktek lapangan dengan biaya yang terjangkau.

Para siswa akan mendapat fasilitas mobil yang digunakan untuk latihan dan panduan teori dari drifter profesional.

Para siswa tidak hanya dibentuk untuk siap terjun ke dunia balap, tapi juga diasah bakatnya melalui berbagai kegiatan, antara lain E-Sports Competition dan Drifting Competition.

“Kami berharap seluruh kegiatan ini akan berkembang dan berjalan dengan baik setelah infastrukturnya dipersiapkan dengan matang,” tutup Danny. [dp/MTH]