Kawasaki dan Yamaha Bakal Kembangkan Mesin Hidrogen | dapurpacu.id

Kawasaki dan Yamaha Bakal Kembangkan Mesin Hidrogen


DAPURPACU – Seiring makin gencarnya pabrikan kendaraan bermotor terus memunculkan lini model ramah lingkungan termasuk di dalamnya adalah kendaraan elektrifikasi.

Pengembangan demi pengembangan dilakukan pula oleh pabrikan motor yang juga mulai memeras otak untuk segera mempensiunkan mesin konvensional di masa mendatang.

Demi alasan tersebut, beberapa pabrikan mengesampingkan persaingan dan mulai melakukan kolaborasi untuk mengembangkan motor dengan bahan bakar jenis baru.

Di sisi lain, pertumbuhan elektrifikasi pada sepeda motor khususnya model skuter di pasar Asia cukup masif belakangan ini. Seperti yang dilakukan Yamaha dan Kawasaki.

Dilansir dari Rideapart, kedua pabrikan motor asal Jepang itu berencana untuk berkoalisi dalam rangka mengembangkan motor berbahan bakar hidrogen terbaru.

Dijadwalkan mesin tersebut bakal dibuat dan disematkan pada model-model dari kedua pabrikan ini di masa mendatang. Dapat dikatakan, dengan pengembangan mesin itu mengisyaratkan bahwa motor listrik hanya akan menjadi batu loncatan sampai ditemukannya bahan bakar yang paling fungsional untuk kendaraan.

Lagi pula, Kawasaki Heavy Industries sudah lama melakukan pengembangan mesin itu di jajaran kendaraan berat, meski pabrikan belum menyentuh model sepeda motor.

Implementasi dari mesin itu dipasangkan pada alat transportasi air, alat berat, dan masih banyak lagi. Kedua pabrikan ini bekerja sama demi menyambut tahun 2050 bebas karbon.

Selain Kawasaki dan Yamaha, Honda serta Suzuki juga sedang melakukan eksplorasi bahan bakar alternatif yang bisa dikembangkan seiring dengan elektrifikasi kendaraan. [dp/MTH]