Mazda Indonesia Donasi Fasilitas Umum Pasca Erupsi Semeru | dapurpacu.id

Mazda Indonesia Donasi Fasilitas Umum Pasca Erupsi Semeru


DAPURPACU – PT Eurokars Motor Indonesia melakukan prosesi serah terima donasi secara simbolis kepada perwakilan dari Kitabisa untuk masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur.

Sebelumnya, Mazda Indonesia telah mengidentifikasi masih banyak hal-hal yang perlu dilakukan untuk memulihkan keadaan pasca-erupsi Semeru khususnya kebutuhan bagi warga sekitar serta para korban yang terdampak.

Melalui Kitabisa, Mazda Indonesia mencari hasil analisa kebutuhan saat ini bagi para korban pasca-erupsi, dan salah satunya adalah pemulihan fasilitas umum.

Menurut Managing Director Eurokars Motor Indonesia, Ricky Thio, perbaikan atau pengadaan fasilitas umum merupakan hal yang penting diperhatikan agar tidak menghambat aktivitas pemulihan keadaan warga sekitar yang terdampak erupsi.

“Melalui kegiatan tanggap darurat pasca-erupsi ini, kiranya Mazda Indonesia dapat meringankan beban para korban dan berharap kegiatan semua warga dapat kembali seperti sedia kala,” tuturnya.

Bertempat di kantor PT Eurokars Motor Indonesia, prosesi serah terima dilakukan secara simbolis kepada perwakilan dari Kitabisa, yaitu Ester Cahaya, 7 Januari lalu.

Di tempat terpisah, Head of Brand Partnership Kitabisa, Marisa Thara Wardhani mengatakan, kolaborasi bersama ini merupakan wujud kontribusi membantu sesama yang membutuhkan dan terdampak pasca-erupsi Semeru.

“Diharapkan dapat meringankan beban para korban dan warga sekitar agar sama-sama dapat tetap bisa bertahan hidup di tengah kondisi yang masih belum pulih sepenuhnya,” pungkasnya.

Donasi nantinya akan ditujukan untuk perbaikan ataupun pengadaan kebutuhan fasilitas umum di lokasi terdampak, misalnya pengisian huntara (hunian sementara) atau pembuatan MCK dengan estimasi waktu pelaksanaan di awal tahun ini setelah donasi diterima.

Seperti diketahui, gunung dengan ketinggian 3.676 mdpl ini mengalami erupsi pada 4 Desember 2021. Dampaknya kali ini tidak hanya menimbulkan korban jiwa, namun juga kerusakan materi.

Selain itu, erupsi Semeru menyebakan kondisi wilayah Lumajang gelap gulita karena listrik padam dan banyak warga mengungsi untuk mendapatkan perlindungan. [dp/MTH]