Asyiknya Mengaktifkan Fitur CarPlay & Android Auto di Mobil ini

DAPURPACU – Seiring perkembangan jaman, teknologi terkini juga terus disusupkan pada kendaraan, dalam rangka memberikan kenyamanan selama di perjalanan. Tak terkecuali bagi Peugeot.

Pabrikan mobil asal Perancis ini mengaplikasikan fitur Apple CarPlay & Android Auto pada Peugeot 3008 maupun 5008 SUV. Perbedaannya terdapat pada ukuran layarnya, dimana untuk tipe Active 8 inci, sementara di varian Allure Plus 10 inci.

Namun dapat dikatakan, secara fungsi dan tampilan antarmuka (interface) layar tidak jauh beda. Sehingga penumpang di dalam kabin tetap terhibur, terkoneksi aman.

Fadjar Tjendikia, Finance & Marketing Dept. Head Astra Peugeot mengatakan, fitur ini memudahkan pengemudi berkendara secara aman dan nyaman tanpa terdistraksi telepon genggam yang biasanya mengganggu.

“Makanya aplikasi youtube atau video player tidak tersedia. Karena penyetelan video saat berkendara dianggap mengganggu konsentrasi mengemudi,” jelas Fadjar.

Secara rinci, fitur Apple CarPlay & Android Auto ini dapat menampilkan tampilan HP Android dan iOS ke head unit mobil layaknya Screen Mirroring.

Baca juga:  Tips Jaga Kondisi Mobil Pasca Mudik Ala Astra Peugeot

Hanya saja sistem operasi mendukung perangkat Android atau iOS minimal harus keluaran terbaru. Skema kerja Apple CarPlay & Android Auto sangat sederhana.

Apalagi untuk mengaktifkan hanya perlu menghubungkan kabel USB orisinal iPhone atau Android. Umumnya, secara otomatis fitur sudah bisa dinikmati pada layar screen.

Jika pada screen menampilkan pesan ‘not compatible’ maka perlu mendownload aplikasi Android Auto pada Play Store, meski proses transfer menu saat akan mengaktifkan pada head unit harus dilakukan pada layar monitor.

“Saat head unit terkoneksi, hanya beberapa aplikasi yang bisa digunakan, seperti telepon, musik, peta navigasi, pesan, dan musik,” jelas Fajar.

Menariknya, saat melakukan panggilan telepon atau membacakan pesan yang masuk, terasa optimal digunakan ketika sedang berkendara, melalui perintah suara guna membantu pengoperasian panggilan telepon.

Adapun untuk aplikasi unduhan yang kompatibel dengan fitur ini adalah Spotify, Podcasts, Beats Radio, iHeartRadio dan Stitcher. [dp/MTH]

Previous articleKawasaki New Versys 650 Lengkapi Varian Adventure di Indonesia
Next articleAC Mobil Peugeot Anda Kurang Dingin? Ikuti Program ini