Penjualan BMW Tumbuh 21 Persen di 2021, Ditopang Model Sedan

DAPURPACU – BMW Group Indonesia mengumumkan pencapaiannya sepanjang 2021 berhasil mengalami pertumbuhan penjualan sebesar 21% dengan total sebanyak 3.102 unit.

Secara rinci, selama periode Januari-Desember lalu, total penjualan lini model BMW membukukan 2.433 unit atau bertumbuh 17% dan 669 unit MINI atau naik 39%. Model terlaris didominasi oleh segmen sedan.

Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia mengatakan, perusahaan berhasil menutup tahun lalu dengan pertumbuhan sebesar 21% (year-on-year).

Hal itu, lanjut dia, berkat program penawaran menarik serta strategi yang berorientasi pada kebutuhan dan keinginan pelanggan.

“Kami berhasil tingkatkan penjualan untuk kesekian kalinya dan tetap menjadi perusahaan otomotif premium terdepan di Indonesia pada 2021,” ujar Ramesh, dalam siaran resminya.

Adapun dari total penjualan tersebut, model-model BMW di segmen SUV berkontribusi 54% terhadap total penjualan yakni BMW X1 (27%), BMW Seri 3 (25%) dan BMW Seri 5 (11%).

Baca juga:  BMW Astra Siapkan Armada Evakuasi Banjir

Selain itu, penjualan BMW M dan BMW M-Performance Automobiles memecahkan rekor sepanjang masa dengan 132 unit, melebihi pencapaian terbaiknya pada 2015 yang meraih angka 89 unit.

Untuk tiga model BMW M teratas pada 2021 adalah BMW M2 Competition (30%), BMW M4 Competition Coupè (18%), dan BMW M3 Competition (14%).

Berdasarkan data itu terlihat mobil terlaris BMW didominasi model sedan (36%), bukan SUV (27%). Ini menunjukkan model sedan menjadi tulang punggung penjualan mobil BMW selama 2021.

Sebagai informasi, lini model sedan juga berkontribusi besar pada 2020. Model terlaris kala itu adalah BMW Seri 3 (29 persen), SUV BMW X1 (21 persen), dan sedan BMW X5 (17 persen).

Ramesh menyebutkan, tahun ini BMW Group Indonesia berencana meluncurkan tidak hanya satu melainkan tiga kendaraan listrik flagship inovatif – BMW i4, BMW iX, dan MINI Electric untuk mendongkrak penjualan.

Baca juga:  BMW Astra Siapkan Armada Evakuasi Banjir

“Peluncuran model ini dan fokus keseluruhan pada BMW i menekankan fakta bahwa 2022 adalah tahun E-Mobility. Sustainability juga akan menjadi topik utama tahun ini,” tutup Ramesh. [dp/MTH]

Previous articleAndalkan Truk Hybrid, Tim Hino Sugawara Tuntaskan Trek Pasir Dakar Rally 2022
Next articleSonax Indonesia Luncurkan Produk Perawatan Cat, Tahan Sebulan!