Begini Trik Cakra Motor 11 Pupus Penyebaran Oli Palsu

DAPURPACU – Pemalsuan oli masih terjadi dan menjadi salah satu isu besar yang banyak dikhawatirkan para pemilik mobil yang memilih melakukan perawatan di luar bengkel resmi.

Melihat tersebut, Cakra Motor 11 punya trik jitu memupus rasa ketidak percayaan konsumennya saat melakukan penggantian oli mesin mobil maupun aki.

Bengkel yang sudah ada sejak 1990 dengan spesialis layanan penggantian oli dan aki ini memiliki ritual khusus, yakni memotong botol untuk mencegah kegiatan daur ulang yang berpotensi pada pemalsuan oli.

Owner Cakra Motor 11, Ivan Sebastian mengatakan, di tiap bengkelnya ada satu treatment khusus tiap penggantian oli yaitu mekanik akan memotong botol oli menjadi dua bagian.

“Hal tersebut dilakukan agar botol oli mobil tidak dapat didaur ulang dan disalahgunakan siapapun agar tidak terjual produk oli palsu,” jelasnya, dalam siaran resmi, Kamis (17/3).

Ivan memaparkan, fungsi oli bertugas melapisi atau melumasi dan melindungi komponen-komponen mesin agar terhindar dari gesekan yang berlebih saat mesin bekerja.

Selain itu, oli juga berperan membuat stabil suhu mesin. Ketika mesin aktif bekerja, otomotis akan menghasilkan suhu panas akibat pembakaran yang terjadi.

Adanya oli, maka suhu panas itu akan cepat tersalurkan dan mesin pun dapat bekerja maksimal. Dan terakhir oli juga memiliki kemampuan sebagai pembersih.

Saat oli melumasi dan bersirkulasi, maka kotoran yang timbul akibat sisa pembakaran dan partikel logam dari komponen mesin akibat gesekan dapat terbawa semua.

Ivan menegaskan, penggunaan oli palsu dapat membuat mesin cepat panas, karena bahan dasar oli kurang bagus. Bahkan prosesnya tidak sesuai standar SAE.

“Hal ini berdampak bisa menimbulkan gesekan pada komponen mesinnya, seperti piston dan silinder akan menjadi korban,” sahutnya lebih lanjut.

Dia menjabarkan cara mengetahui oli mobil asli atau palsu bisa cek pada bagian botolnya. Biasanya oli palsu menggunakan packaging atau botol yang sudah bekas.

“Cek sisi luar botol, jika bersih baik dari sisi luar, atas dan bawahnya, maka dipastikan itu adalah asli dan ditambah sticker yang utuh atau tidak sobek,” ujarnya.

Saat ini pabrikan berupaya membuat produknya sulit dipalsukan, salah satu caranya adalah membuat tutup botolnya unik dan bisa digunakan satu kali saja.

Hal itu berarti jika sudah terbuka maka tidak bisa digunakan kembali. Karena itu, konsumen wajib mengecek seal bagian bawah, jika masih menyatu dengan baik, maka oli tersebut asli.

Langkah terakhir adalah cek ID pada botol oli. Jika melihat nomor pada botol oli tidak sama dengan tutupnya, maka Anda perlu curiga. Biasanya botol diproduksi pabrikan sudah ada ID yang sama dengan tutup botolnya.

“Perawatan berkala mobil tidak harus ribet, fokus di mesin sebagai jantung pacu mobil agar tetap terawat dengan memberikan oli atau pelumas mobil,” tutup Ivan. [dp/MTH]

Berikut alamat bengkel Cakra Motor 11 di Jakarta dan sekitarnya :
1. Cakra Motor Taman Surya: Jl. Taman Surya Boulevard No.3, Kalideres, Jakarta Barat
2. Cakra Motor Jakarta Kota: Jl. Ratu Kemuning No.26, Kebun Jeruk, Jakarta Barat
3. Cakra Motor Blok M: Blok M Mall Blok B Nomor 9, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
4. Cakra Motor ITC Fatmawati: Ruko ITC Fatmawati Blok B1 No 7-8, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
5. Cakra Motor 11 Cinere Segar: Pasar Segar Ruko AutoPart Blok ROA No.3, Cinere, Depok
6. Cakra Motor 11 Gading Serpong: Jl. Raya Kelapa Puan Blok AD14 no 16&17, Tangerang

Previous articleCakra Motor 11 Buka Peluang Masyarakat Berbisnis
Next articlePenjualan Meroket, Mitsubishi Duduki Posisi 3 Secara Nasional