Blackvue Hadirkan Dashcam Pencegah Microsleep di IIMS 2022

DAPURPACU – Blackvue memperkenalkan dashcam DR750X-3CH DMS Plus di ajang IIMS Hybrid 2022, yang berlangsung mulai 15 Maret hingga 10 April di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Dashcam seri terbaru Blackvue ini adalah sebuah terobosan baru fungsi kecerdasan buatan atau AI (Artificial Inteligence) dengan teknologi Driver Monitoring System (DMS) untuk pencegahan kecelakaan.

Kamera kabin mobil ini disebut mampu memantau pengguna dan memberikan peringatan ketika pengemudi mengantuk (microsleep) atau tidak fokus.

Teknologi ini sangat penting karena biasanya dashcam hanya digunakan sebagai alat bukti jika terjadi suatu kejadian, tapi dengan teknologi DMS, maka kecelakaan itu bisa dicegah sebelum terjadi.

Rudy Ham, Direktur Pemasaran Dashcam Blackvue menjelaskan, hal itu mengacu data dari Komite National Keselamatan Transportasi (KNKT) yang mencatat sekitar 80 persen kecelakaan di tol akibat mengantuk dan letih.

“Berdasarkan data dari pengelola jalan tol, sebesar 52% terjadi akibat kurang antisipasi, yakni tidak fokus, tidak jaga jarak dan overspeeding. Sementara faktor pengemudi mengantuk sebesar 45%,” kata Rudy saat ditemui di Hall B, JIExpo, Jumat (1/4/2022).

Tidak hanya itu, dijelaskannya, selain fungsi memberikan peringatan ketika pengemudi mengantuk dan tidak fokus, Blackvue anyar ini juga memiliki fitur-fitur mumpuni lainnya.

“Seperti memberi peringatan ketika terjadi overspeeding, membelok tajam, rem mendadak dan akselerasi tiba-tiba. Jadi ini bisa melakukan pencegahan dan selalu selamat di perjalanan,” tukasnya.

DR750X-3CH DMS Plus sendiri terdiri dari dashcam tiga channel perangkat dengan konektifitas Cloud via Wi-Fi hotspot, atau optional modul USB plug-in LTE

Perangkat satu kamera di depan dan satu di belakang yang keduanya menggunakan lensa Sony Starvis untuk menghasilkan kualitas gambar terbaik di kondisi cahaya apapun, baik terang maupun gelap.

Satu perangkat kamera lagi me-monitoring pengemudi buat merekam dan mendeteksi tanda-tanda mengantuk atau tidak konsentrasi dalam mengemudi dan mengingatkan dengan bunyi ‘peringatan’ saat itu juga.

“Jika bunyi peringatan tidak terdengar saat pengemudi microsleep, bunyi akan semakin keras. Ini berkat infrared LED untuk pemantauan siang dan malam,” ungkap Rudy.

“Dashcam tersembunyi ini juga dilengkapi dengan built in GPS untuk merekam kecepatan mobil dan menyimpan lokasi mobil, Wi-Fi dan parking mode bawaan,” lanjutnya.

Untuk tipe terbaru ini, Blackvue juga menghadirkan fitur terbaru yaitu Seamless Pairing, dimana smartphone pengguna bisa terkoneksi ke dashcam dengan mudah.

Menyoal harga, Blackvue DR750X-3CH DMS Plus dibanderol dengan harga Rp11 jutaan, dan khusus di IIMS 2022, Blackvue menyiapkaan promo gratis instalasi dan promo menarik lainnya untuk pengunjung. [dp/DF]

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com