Amunisi Suzuki Era Elektrifikasi Bernama Suzuki Smart Hybrid

DAPURPACU – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghadirkan pencapaian terkininya pada kendaraan ramah lingkungan di masa depan, melalui teknologi Suzuki Smart Hybrid di booth Suzuki.

Menempati salah satu sudut booth di IIMS Hybrid 2022, hadirnya teknologi ini terkait isu lingkungan yang tengah didengungkan oleh Pemerintah dalam menurunkan emisi gas rumah kaca pada 2030.

Di sisi lain, lewat Suzuki Smart Hybrid yang dipertontonkan ini, PT SIS mengklaim sebagai solusi tepat untuk mengurangi emisi CO2, meningkatkan efisiensi bahan bakar, dengan harga terjangkau.

Yulias Purwanto, Head of 4W Product Development PT SIS menjelaskan, beberapa keuntungan yang akan didapat jika kendaraan Suzuki nantinya mengadopsi teknologi itu.

Yulius menegaskan bahwa Dengan diterapkannya teknologi Suzuki Smart Hybrid pada kendaraan dapat meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar dan mengurangi gas buang.

“Suzuki Smart Hybrid juga merupakan sistem elektrifikasi paling terjangkau dari segi harga. Ketiga manfaat inilah yang kami yakini dibutuhkan masyarakat Indonesia saat ini,” jelasnya.

Baca juga:  Suzuki Indonesia Ajak Mitra Bisnis Jajal Model-model Unggulan

Secara spesifikasi, teknologi ini terdiri dari tiga komponen utama yang menjadi penunjang kinerja mesin pembakaran konvensional, yaitu Integrated Starter Generator (ISG), Lithium-Ion battery dan Regenerative Breaking.

Mengenai ISG sendiri, merupakan pengembangan teknologi pertama yang dilakukan oleh Suzuki dalam menciptakan kendaraan yang irit bahan bakar dengan harga terjangkau.

Dengan disematkannya ISG dan baterai Lithitum-Ion, memberikan benefit seperti adanya fitur auto-stop, serta restart yang halus dan senyap setelah auto-stop aktif.

Selain itu, memberikan bantuan tenaga untuk akselerasi yang lebih ringan saat stop and go, serta kemudahan regenerasi daya baterai selama pengurangan laju kendaraan.

Menurut Yulius, teknologi Suzuki Smart Hybrid akan lebih terasa manfaatnya saat digunakan dalam kemacetan lalu lintas, seperti di Ibu kota Jakarta. [dp/MTH]