Pabrik Baru, Ambisi Honda Perkuat Populasi Mobil Listrik di Cina

DAPURPACU – Honda Motor China Investment Co., Ltd. mengumumkan bahwa GAC honda Automobile Co., Ltd memulai pembangunan pabrik baru, yang ditujukan untuk memproduksi kendaraan listrik.

Pabrik baru ini berdiri di atas lahan seluas 400.000 m2 yang berlokasi di Guangzhou Economic and Technological Development District, di Kota Guangzhou, Provinsi Guangdong, China.

Dalam pembangunan pabrik ini, GAC Honda telah menggelontorkan total investasi hingga 3,49 miliar R.M.B dan ditargetkan selesai pada 2024 mendatang, dengan total produksi sebanyak 120.000 unit per tahun.

Selain itu, Honda juga berencana akan meluncurkan 10 model berbasis listrik, diantaranya e: N Series pada 2027 mendatang di pabrik tersebut dan juga di Dongfeng Honda.

Sehingga ketika kedua pabrik ini sudah dapat beroperasi di 2024 mendatang, Honda memproyeksikan total kumulatif kapasitas produksi dapat mencapai 1,73 juta unit per tahun.

Baca juga:  Astra Otopower Resmikan Outlet Pengisian Kendaraan Listrik Pertama

GAC Honda Automobile Co., Ltd sendiri sudah berdiri sejak Juli 1998 dengan nilai total investasi hingga mencapai 541 juta USD.

Adapun komposisi kepemilikan sebesar 40% dari Honda Motor Co., Ltd, kemudian 10% Honda Motor (China) Investment Co., Ltd dan 50% Guangzhou Automobile Group Co., Ltd. (GAC Group). [dp/MTH]