DAPURPACU – Eksistensi Suzuki Indonesia untuk terus mengisi segmen city car hanya menerjunkan satu produknya yakni Ignis, sementara sebelumnya ada Karimun Wagon R.
Dan tak bisa dipungkiri, segmen kendaraan ini masih mendapat tempat di hati konsumen, khususnya di kalangan kawula muda, dengan segudang aktivitasnya.
Data Gaikindo merilis mengenai retail sales kategori mobil 2 baris di sepanjang 2018 – 2021, dimana kondisi pasar city car cukup stabil selama periode tersebut.
Berdasarkan data tersebut, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melihat bahwa segmen itu di indonesia masih potensial. Untuk itu, secara siluet mulai menunjukkan calon duet dari Ignis.
Hal itu dibuktikan dari siluet city car terbaru yang bakal diluncurkan bertepatan dengan digelarnya pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), pada 11 Agustus mendatang.
Diyakini besar kemungkinan siluet tersebut merupakan S-Presso, yang sudah tertangkap kamera netizen saat di jalan yang diklaim berasal dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.
Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS mengakui, city car memiliki karakter yang kuat dengan dimensi lebih kompak, sehingga membuatnya lebih lincah namun tetap irit.

Menurutnya, mobil jenis tersebut cocok untuk penggunaan di kondisi lalu lintas yang padat ataupun jalanan perkotaan dengan akses jalan yang kecil dan sempit.
“City car juga memiliki fitur yang cukup lengkap sehingga membuatnya menjadi mobil yang cocok ditujukan untuk anak muda, keluarga muda, hingga konsumen yang baru pertama kali membeli mobil,” jelasnya.
City car pada umumnya memiliki kapasitas duduk dua baris atau empat penumpang, namun tetap memiliki ruang penyimpanan barang yang memadai. Kapasitas mesin pun disesuaikan dengan karakternya.
Selain mampu melewati jalanan yang sempit dan padat, kepraktisan lain dari city car adalah kemudahan saat mencari tempat parkir karena dimensinya yang kompak.
Dari sisi tampilan, city car disesuaikan dengan desain yang identik dengan kesan sporty dan trendy. Sehingga menjadikan mobil ini value for money.
Untuk itu, lanjut Donny, sebagai salah satu produsen mobil, baik jenis komersial maupun penumpang, Suzuki melihat city car sebagai salah satu segmen pasar yang masih bisa dikembangkan.
“Potensi ini akan kami optimalkan dengan menghadirkan lebih banyak pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan beragam lapisan masyarakat,” pungkasnya. [dp/MTH]