Tahun Ini, Hankook Fokus Pasarkan Ban 17 Inci Keatas

DAPURPACU – Perusahaan global Hankook menyatakan, bahwa ban high-inch atau ban ukuran 17 inci keatas menjadi fokus penjualannya di tahun ini.

National Sales Manager Passenger Car Radial PT Hankook Tire Sales Indonesia, Apriyanto Yuwono mengatakan bahwa penjualan ban high-inch mengalami peningkatan sebesar 10.8% YoY di awal 2022.

“Hal tersebut salah satunya dikarenakan kontribusi penjualan ban high-inch untuk mobil penumpang tipe SUV yang menyumbang 39.0% dari total penjualan,” ucap Apriyanto dalam keterangan resminya, Rabu (27/7).

Mencuatnya ban high-inch untuk kendaraan SUV, dikarenakan secara visual, ban ini memiliki daya tarik tersendiri yang dapat mengeluarkan aura sporty pada kendaraan.

Tidak hanya itu, Apri menambahkan, alasan lain pelanggan Hankook memilih ban 17 keatas lantaran performanya yang mumpuni untuk mendukung kendaraan SUV mereka.

Oleh karena itu, pabrikan ban asal Korea Selatan itu berinovasi untuk memberikan pengalaman unik dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga:  Dua Produk Peugeot Terlaris di Eropa, New 2008 Masuk Top 5

“Kami melihat ketersediaan produk yang baik untuk ban high-inch dan ban balap kurang stabil di pasaran. Kami ingin masuk di segmen ini lebih dalam lagi,” jelas Apri.

Adapun beberapa kelebihan dari ban dengan profil high-inch antara lain:

Pertama, peningkatan area benturan. Kelebihan yang paling signifikan adalah jarak ekstra yang diciptakan antara bagian bawah mobil dengan jalanan. Hal ini dapat membantu performa berkendara ketika memasuki jalanan yang tidak terlalu mulus.

Kedua, area kontak yang lebih lebar. Ban high-inch memperluas area kontak ban dengan jalanan. Dengan demikian, pengendara akan terbantu dalam menjaga kemudi lebih stabil khsususnya ketika sedang memacu kendaraan dalam kecepatan yang tinggi.

Ketiga, pengereman yang aman. Dengan menggunakan ban high-inch, pengemudi akan merasakan pengurangan jarak saat melakukan pengereman. Ini juga berarti kalau selip dalam menggunakan ban high-inch akan berkurang yang berimplikasi terhadap peningkatan keamanan mengemudi.

Baca juga:  New Hyundai Palisade Meluncur, Makin Bergaya dan Aman

Keempat, mengatasi understeering maupun oversteering. Menggunakan ban high-inch dapat meningkatkan performa kendaraan secara keseluruhan dengan meningkatkan keseimbangan, stabilitas, dan traksi. Maka, berkendara akan menjadi lebih aman dari sebelumnya.

Selain empat keuntungan utama ban high-inch di atas, penggunanya harus beradaptasi terhadap perubahan handling yang signifikan dari biasanya. Hal tersebut dikarenakan perluasan kontak dengan jalan.

Untuk mengganti ban kendaraan menjadi ban high-inch, tidak boleh sembarangan dan harus memperhatikan beberapa hal, salah satunya mengikuti rekomendasi dari manufaktur kendaraannya. [dp/DF]