Rifat Sungkar dan Mitsubishi Xpander AP4 Siap Hadapi Kejurnas Rally

DAPURPACU – Tim reli besutan Rifat Sungkar, Mitsubishi Xpander Rally Team (MXRT) tengah bersiap menghadapi putaran pertama Kejuaraan Nasional Rally 2022, akhir pekan ini.

Berlangsung di area Hutan Tanaman Industri (HTI) Sektor Aek Nauli, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, 5-7 Agustus 2022, ajang ini juga menjadi persiapan MXRT menuju Asia Pacific Rally Championship (APRC).

Kembali didampingi M. Redwan sebagai navigator mengendarai Xpander AP4, Rifat berharap dapat unjuk kemampuan dengan hasil yang maksimal di lintasan Aek Nauli.

“Saya kembali ke arena reli setelah 12 tahun absen dan lebih banyak turun di ajang Sprint Offroad dan Sprint Rally,” buka Rifat dalam siaran pers, Selasa (2/8).

“Meski memiliki karakter lintasan serupa antara Sprint Offroad, Sprint Rally dan Rally memiliki tantangan berbeda. Tak hanya untuk pebalap, juga kendaraannya,” imbuh Rifat.

Dengan ‘come back’-nya ke ajang reli, peraih Juara Nasional Speed Offroad ini mengaku optimis masih dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya. Terakhir kali Rifat turun di kancah reli nasional pada 2010.

Kejuaraan reli menjadi debut bagi Xpander AP4 dengan jarak tempuh lebih jauh dibanding sebelumnya di arena Sprint Rally. Tantangan yang disuguhkan dalam Speed Rally juga lebih berat ketimbang Sprint Rally.

Pada Rally Danau Toba, yang dilaksanakan dua hari, pereli dan mobilnya harus menempuh total jarak 170 km, dengan tantangan berbeda di tiap Stage-nya.

“Belum pernah ada mobil MPV keluarga dengan penyesuaian minim yang turun di arena reli. Saya ingin menunjukkan Xpander AP4 tidak hanya nyaman sebagai mobil keluarga, namun juga kompetitif dan tangguh di segala medan, bahkan di medan yang sangat berat yaitu reli,” tandas Rifat.

Menghadapi Rally Danau Toba, tim MXRT tetap menggandeng Ralliart Selandia Baru untuk menyiapkan Xpander AP4. Serangkaian uji coba dan pengetesan dilakukan, hasilnya memuaskan. [dp/MTH]

Jadwal Kejurnas Rally 2022:
Putaran 1 = Rally Danau Toba : 6-7 Agustus 2022
Putaran 2 = Rally Danau Toba : 23-25 September 2022
Putaran 3 = Rally Muara Bungo Jambi : 22 Oktober 2022
Putaran 4 = Rally Muara Bungo Jambi : 23 Oktober 2022