Menang di GP Belanda, Max Verstappen Makin Kokoh di Puncak Klasemen

DAPURPACU – Max Verstappen berhasil menuntaskan perlawanan para pebalap lain dengan mulus di ‘kandang sendiri’ pada seri GP Belanda di Sirkuit Zandvoort, Minggu (4/9) lalu.

Permainan apik yang didukung strategi dari tim mampu mempersembahkan kemenangan ke-10 bagi Max sepanjang musim ini, membuat posisinya kokoh di puncak persaingan titel juara dunia F1 2022.

Sri Adinegara, Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia memuji performa Max Verstappen di GP Belanda, karena mmapu kembali naik podium di depan para penggemarnya.

Secara keseluruhan, Adinegara mengapresiasi kinerja tim dan juga kedua pebalap Red Bull Racing yang telah menunjukkan kemampuan maksimalnya selama di lintasan.

“Tentu kemenangan kali ini tidak mudah dengan tekanan begitu besar dari para fans yang memenuhi tribun. Penerapan strategi yang tepat dari tim juga berpengaruh, serta performa mobil RB18 di Sirkuit Zandvoort yang sangat kompetitif,” tambahnya.

Baca juga:  Federal Oil dan Gresini Racing MtooGP Kembali Berkolaborasi di Musim 2023

Berkat hasil tersebut, dirinya optimis tren kemenangan ini bisa terus dilanjutkan untuk bisa mengukuhkan Max Verstappen sebagai Juara Dunia F1 2022.

Meski demikian, lanjut dia, apapun bisa saja terjadi, pastinya tim Red Bull Racing akan memfokuskan kinerja terbaiknya kembali di GP Monza pada pekan mendatang.

“Semoga saja seluruh tim bisa mempertahankan semangat kemenangan ini,” imbuh Adinegara, dalam keterangan tertulisnya, Senin (5/9).

Di sisi lain, Verstappen mengaku balapan kali ini cukup menarik dan bukan balapan yang mudah sama sekali. Terapkan strategi yang tepat, pada akhirnya semuanya berjalan dengan baik.

Bahkan dirinya menganggap bahwa rivalnya sangat cepat menggunakan ban dengan tipe kompon yang lebih keras, dan hal tersebut sungguh tidak terduga sama sekali.

“Hal ini membuat kami lebih sulit (melewati lap demi lap) karena kami kurang cocok dengan ban kompon keras,” ujarnya usai balapan.

Baca juga:  Raih Kemenangan di F1 Singapura, Sergio Perez Siap Gusur Posisi Dua

Selepas start dari posisi terdepan, dia mampu mempertahankan posisi terdepan sepanjang 72 lap, meski sempat diambil alih rival ketika pitstop terakhir akibat adanya Safety Car.

Namun, berkat penggunaan ban lunak di sisa 12 lap berhasil merebut kembali posisi untuk memenangkan balapan. Bahkan dia sempat meraih putaran tercepat dengan torehan 1:13,652 detik.

“Kami mengelola semuanya dengan cukup baik dan strategi tepat masuk pit, kinerja tim di sini dan di pabrik sangat luar biasa,” tutur Verstappen.

“Selalu istimewa bisa memenangkan Grand Prix di rumah sendiri, tetapi tahun ini saya harus bekerja lebih keras untuk meraihnya. Sungguh luar biasa bisa menang lagi di depan penonton. Kami mendapat dukungan luar biasa disini dan saya bangga menjadi orang Belanda,” jelasnya.

Sementara itu, Sergio Perez mengapresiasi kemenangan luar biasa rekan duetnya. Tapi dirinya mengakui balapan yang kurang greget karena tak ada dirinya di atas podium.

Baca juga:  Begini Keseruan Konsumen dan Perwakilan Jaringan Federal Oil Nonton MotoGP Jepang

Pebalap berpaspor Meksiko ini mengalami kendala dengan pengikisan ban di awal dan kedua kali ganti ban, serta sulit mendapat keseimbangan sesuai keinginan.

“Belum lagi ramainya balapan akibat insiden di pit. Namun saya beruntung sayap depan tidak rusak ketika melindas wheel gun,” ungkap Perez.

Meskipun terkendala selama balapan berlangsung, Perez mengaku cukup puas masih bisa menambah poin di klasemen persaingan Juara Dunia F1 2022.

“Banyak yang harus dipelajari dari balapan kali ini dan banyak juga yang harus dipahami dari sisi kami agar bisa lebih kuat lagi di Monza,” tegasnya.

Saat ini, Verstappen mengantongi 310 poin dan kokoh di posisi puncak. Sedangkan Perez di posisi tiga miliki 201 poin yang digeser lagi oleh Charles Leclerc dengan perolehan serupa 201 poin. [dp/MTH]