Yamaha Resmikan SMK Binaan Baru, ini Fasilitas Pendukungnya

DAPURPACU – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) terus memberikan kontribusinya di bidang pendidikan melalui program SMK Binaan Yamaha, yang sudah digulirkan sejak 2003.

Melalui program ini, Yamaha Indonesia membuka Kelas Khusus Yamaha (KKY) di 53 SMK binaan di seluruh Indonesia dengan memberikan kurikulum, sarana dan prasana teknologi otomotif.

“Program ini untuk mempersiapkan siswa-siswi SMK siap pakai di dunia kerja dan kewirausahaan,” kata Riyadi Prihantono, Koordinator Manager After Sales & Motor Sport YIMM.

Menurutnya dalam keterangan resmi, program ini diharapkan mampu mengurangi kesenjangan dunia pendidikan dengan dunia industri, khususnya otomotif.

“Melalui standarisasi Teknik Sepeda Motor sesuai kurikulum Yamaha Technical Academy yang selaras dengan perkembangan industri sepeda motor terkini dan mengacu pada Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia,” tambahnya.

Tercatat hingga kini sudah lebih dari 3.500 lulusan SMK yang telah mendapat pelatihan teknologi otomotif dari Yamaha Indonesia.

Baca juga:  Daihatsu Gelar Auto Clinic Buat Anggota Klub di Bandung

Terbaru, Yamaha Indonesia menambah kerja sama dengan SMK ICB Cinta Teknika, Bandung melalui peresmian KKY dengan kompetensi keahlian Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM).

Dengan begitu, SMK ini sudah menggunakan kurikulum yang tersinkronisasi dengan Yamaha. Untuk wilayah Jawa Barat sendiri sebelumnya Yamaha telah bekerja sama dengan 5 SMK untuk menerapkan KKY, diantaranya :

– SMK Muhammadiyah Lemahabang,
– SMK Pertiwi Kuningan,
– SMK Bina Karya 2 Karawang,
– SMK Bhakti Nusantara Sumedang,
– SMK Al-Falah Tasikmalaya.

“Terima kasih atas dukungan Yamaha melalui program KKY ini baik berupa kurikulum, unit motor dan engine hingga pembuatan ruang praktik sesuai standar bengkel Yamaha untuk menunjang perkembangan para siswa-siswi,” tutur Sugiyo, S.Sos, Kepala Sekolah SMK ICB Cinta Teknika.

Sugiyo menuturkan, KKY bukan sekedar menjadikan siswa memiliki kompetensi dibidangnya, tetapi juga menjadikan siswa bisa berprestasi dengan akademik.

Dengan demikian, dia berharap program ini menjadikan para siswa memiliki pendidikan karakter sesuai dengan tuntutan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI).

Baca juga:  Yuk Nonton Yovie & Nuno di Wahana All New BR-V Pop Park Bandung

“Kami berharap dengan program ini, SMK bisa menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing, tak hanya yang siap kerja, juga berkualitas dan siap berwirausaha,” tandasnya. [dp/MTH]