Sukses, GIIAS Surabaya 2022 Dikunjungi 32 ribu Orang Lebih

DAPURPACU – Pameran GIIAS Surabaya 2022 berhasil menggaet lebih dari 30 ribu pengunjung, selama even berlangsung pada 14 – 18 September lalu di Grand City Convex, Jawa Timur.

Dalam rangkaian kedua pada GIIAS Series tahun ini, Gaikindo mengklaim bahwa pameran ini telah berhasil mencapai tujuannya menunjukkan masa depan industri otomotif, sesuai dengan tema ‘The Future is Bright’.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi menuturkan, keingintahuan masyarakat yang tinggi pada the 29th GIIAS Agustus lalu menjadi alasan Gaikindo juga memberikan sorotan pada teknologi otomotif masa depan.

“Yakni kendaraan listrik di GIIAS Surabaya 2022, yang diharapkan akan memberikan informasi dan edukasi yang tepat kepada masyarakat Jawa Timur,” ujarnya dalam siaran resmi, Rabu (21/9).

Dia pun mengapresiasi masyarakat Jawa Timur, khususnya di Surabaya atas antusiasme yang tinggi pada deretan mobil listrik yang ditampilkan sepanjang pameran, hingga mencapai total 32.658 pengunjung.

Baca juga:  Ini Promo-promo yang Ditawarkan Selama Pameran GIIAS Surabaya 2022

“Antusiasme masyarakat terhadap mobil listrik ternyata juga sangat tinggi. Tentu sangat kami banggakan, dan tentunya memberikan dorongan signifikan bagi pencapaian industri otomotif,” ungkap Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GIIAS 2022.

Menurut Gaikindo, penyelenggaraan GIIAS 2022 pada Agustus dan September ini telah berhasil mencapai tujuannya menunjukkan masa depan industri otomotif, sesuai dengan tema yang diusung yaitu The Future is Bright.

Pihak Gaikindo mengakui bahwa penyelenggaraan GIIAS Surabaya kali ini mengalami peningkatan sekitar 25 persen dibandingkan jumlah pengunjung tahun sebelumnya.

Kehadiran GIIAS Surabaya 2022 juga mendapatkan apresiasi dan dukungan penuh dari Pemerintah Republik Indonesia, khususnya Kementerian Perindustrian.

Seperti diketahui, ajang GIIAS Surabaya 2022 diikuti beberapa merek mobil seperti Audi, Daihatsu, Honda, Hyundai, Kia, Lexus, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, VW dan Wuling.

Sementara untuk pabrikan roda dua, hadir Honda Motor, Benelli dan Keeway, serta beberapa produk pendukung industri diantaranya Autovision dan Servvo.

Baca juga:  Ini Promo-promo yang Ditawarkan Selama Pameran GIIAS Surabaya 2022

Seperti tahun-tahun sebelumnya, GIIAS Surabaya 2022 kembali menyelenggarakan ajang pemilihan beberapa kategori, meliputi favourite car, favourite booth, favourite motorcycle hingga most driven car.

Berdasarkan pilihan pengunjung secara voting, Hyundai berhasil memenangkan kategori favourite booth dengan luasan lebih dari 250 m.

Suzuki berhasil memenangkan kategori favourite booth dengan luasan kurang dari 250 m dan Astra Financial berhasil memenangkan kategori favourite booth dari industri pendukung.

Kemudian untuk favourite car dengan kategori EV berhasil diboyong Hyundai Ioniq 5, kategori MPV adalah Stargazer, kategori SUV yaitu Lexus RX HEV, dan kategori Sedan adalah MG 5 GT.

Sedangkan untuk favourite motorcycle dimenangkan oleh Honda CMX500 Rebel pada kategori Big Bike 250 cc dan Honda ADV 160 untuk kategori Daily Bike.

Selain itu, Wuling Air EV dinobatkan sebagai most driven car atau mobil yang paling banyak dikendarai melalui program Test Drive GIIAS Surabaya.

Baca juga:  Ini Promo-promo yang Ditawarkan Selama Pameran GIIAS Surabaya 2022

Dirjen Ilmate Kementerian Perindustrian, Taufiek Bawazier mengatakan, semoga dengan digelarnya rangkaian GIIAS tahun ini dapat mendorong tercapainya Green Mobility dalam industri otomotif Indonesia.

Menurutnya, Green Mobility menjadi titik berat manufaktur untuk menghasilkan kendaraan yang ramah lingkungan dengan berbagai kemajuan teknologi.

“Sehingga sektor otomotif dapat mendukung target Carbon Neutral pada 2060,” tutur Taufiek, yang mewakili Menteri Perindustrian Republik Indonesia.

Rangkaian GIIAS The Series berikutnya dijadwalkan digelar di Kota Medan. Tepatnya di Santika Premier Hotel and Convention, 5 – 9 Oktober 2022. [dp/MTH]