Berganti Jadi Seres Group, Upaya Pabrikan Kembangkan Mobil Listrik

DAPURPACU – Chongqing Sokon Group resmi mengumumkan penggantian nama dari perusahaan induk tersebut menjadi Seres Group Co., Ltd. Nama ini akan segera didaftarkan di Shanghai Stock Exchange dalam waktu dekat.

Sejatinya, Seres sendiri bukan nama baru bagi pabrikan mobil asal Tiongkok tersebut, selain merek DFSK, perusahaan baru hasil dari mitra dengan Dongfeng.

Sementara untuk Seres merupakan anak perusahaan dari Chongqing Sokon hasil kolaborasi dengan perusahaan telekomunikasi Huawei, yang sudah terjalin sejak tahun lalu.

Dikutip dari laman Cnevpost, sejak kemitraan ini diklaim nama Seres justru semakin melambung di dunia dibanding perusahaan induk. Atas dasar inilah Sokon memutuskan untuk mengubah nama perusahaan mereka.

Perubahan nama itu dilakukan agar para pemegang saham bisa memahami arah dan strategi perusahaan saat ini, sekaligus menyamakan nama perusahaan dengan visi mereka ke depan yang fokus mengembangkan mobil listrik.

Dan sejak kemitraan inilah Seres Group Co Ltd mengumumkan penjualan kendaraan energi baru (NEV), yang telah dimulai sejak Juli 2022 lalu.

“Perubahan nama menjadi Seres Group menunjukkan tekad kuat perusahaan untuk mengembangkan kendaraan listrik pintar premium,” kata Ketua Seres, Zhang Xinghai.

Terbilang, Seres SF5, yang juga pernah ditunjukkan publik Indonesia di ajang GIIAS 2021 Surabaya, menjadi produk pertama yang dipasarkan di Cina dengan menggunakan nama perusahaan.

Sementara untuk model berikutnya adalah AITO yang sudah diperkenalkan Desember 2021, tepat pada 23 Desember resmi meluncurkan model pertamanya yaitu AITO M5.

Kemudian, AITO mengumumkan model kedua dari merek tersebut pada 4 Juli, yakni M7, SUV listrik ‘gambot’ yang mewah, dirancang bersama oleh Seres Group dan Huawei.

Penjualan Fantastis

Daftar penjualan SUV energi baru yang dirilis Asosiasi Mobil Penumpang China sepanjang Juni 2022, AITO M5 berada di peringkat ke-8 dengan penjualan bulanan mencapai 7.021 unit.

Bagi Seres Group, pencapaian yang diraih oleh AITO M5 menjadi kali ketiga secara berturut-turut berada di posisi 10 besar penjualan di Cina, sejak pengiriman pertama pada Maret 2022.

Seres Group menjual rekor 13.291 NEV di bulan Juli, naik 316,78 persen dari 3.189 unit di bulan yang sama tahun lalu dan naik 7,03 persen dari Juni, dikutip dari Cnevpost.

Merek Seres berhasil menjual menjual 7.807 unit di bulan Juli, naik sekitar 8.873,56 persen tahun ke tahun atau year-on-year (you).

Sedangkan di sepanjang tahun ini, merek Seres telah meniagakan produk-produknya sebanyak 29.388 unit, meningkat 1.190,08 persen year on year.

Dari Januari hingga Juli, Grup Seres menjual 58.913 NEV, naik 224,21 persen dari 18.171 unit pada periode yang sama tahun lalu, menurut data Cnevpost. [dp/MTH]