Seberapa Penting Beli Mobil Bekas dengan Garansi? Teliti Sebelum Membeli

DAPURPACU – Kebutuhan mobil bekas (mobkas) saat ini terbilang masih cukup tinggi, ditengah roda perekonomian yang kian hari berangsung semakin membaik.

Dengan membeli mobkas diyakini jadi salah satu alternatif dibanding membeli mobil baru. Selain karena harga yang lebih murah, pilihan yang lebih beragam dianggap mampu memberikan daya pikat lebih bagi calon konsumen.

Saat memutuskan untuk memilih mobil bekas, Anda harus memastikan kondisi mobil baik atau layak pakai. Selain itu, konsumen juga perlu mendapatkan jaminan garansi dari showroom sebagai penjual.

Menurut Jeffrey Andika, Founder dan CEO Otospector, dengan adanya garansi pembeli bisa lebih tenang karena mendapat jaminan dan terhindar dari biaya tak terduga di kemudian hari.

“Alasannya karena kita tidak pernah tahu riwayat pemakaian mobil bekas dari pemilik sebelumnya seperti apa,” tambah Jeffry di kawasan Mangga Dua, Jakarta Barat, Senin (17/10).

“Meski sudah dicek detail sebelum membeli, tetapi banyak komponen internal mesin yang tidak mungkin dibongkar pada saat pengecekannya,” imbuhnya kembali.

Garansi Apa Saja yang Ditawarkan?
Awalnya jangka waktu garansi hanya 1 bulan saja. Namun, melihat minat konsumen terhadap produk ini akhirnya produk garansi Otospector berlaku hingga 1 tahun.

Bahkan di 2021, dengan makin banyaknya showroom mobil bekas rekanan, Otospector meluncurkan used car marketplace bernama OTOS.

Tujuannya adalah membantu penjualan showroom rekanan dan mempermudah konsumen membeli mobil bekas yang lulus inspeksi dan mendapatkan garansi.

Saat ini terdapat empat program paket garansi yang ditawarkan oleh Otospector, yaitu:
1. Paket Garansi Silver – jangka waktu 30 hari
2. Paket Garansi Gold – jangka waktu 90 hari
3. Paket Garansi Gold Plus – jangka waktu 1 tahun
4. Paket Garansi Platinum – jangka waktu 1 tahun

Paket tersebut menjamin perbaikan mesin dan transmisi mobil. Makin lama garansinya, makin lengkap komponen yang dijamin. Garansi 1 bulan dengan total klaim Rp5 juta, sementara garansi 1 tahun, total klaim mencapai Rp50 juta.

Misalnya, untuk paket garansi 1 tahun, Otospector menjamin perbaikan ECU (Electronic Control Unit), salah satu komponen krusial pada mobil yaitu modul kontrol utama yang fungsinya seperti CPU pada komputer.

Khusus untuk garansi 1 tahun, Otospector juga memberikan layanan darurat 24 jam gratis dan tidak terbatas selama masa garansi aktif, yang mencakup:
1. Ganti Ban Serep – Penggantian ban bocor atau pecah dengan ban cadangan
2. Layanan Derek – Penarikan kendaraan ke bengkel rekanan Otospector terdekat
3. Jumper Aki – Menyalakan mesin dengan bantuan jumper saat mobil tidak bisa hidup
4. Pengantaran Bensin – Penambahan bahan bakar saat kehabisan bahan bakar (gratis 5 liter). [dp/IS]

Previous articleIndomobil Group Gelar Pameran Multi Brand, Catat Tanggalnya
Next articleKetua Umum IMI Serahkan Hadiah Juara Black Stone Live Modz 2022