Berencana Turing Rombongan di Awal Tahun, Begini Tipsnya

DAPURPACU – Bagi Anda yang berencana melakukan turing di awal tahun ini, mungkin bukan waktu yang tepat. Sebab, hujan diyakini masih mengguyur di beberapa daerah di Indonesia.

Meski demikian, bagi ‘peturing sejati’, jelas kondisi tersebut tidak lantas membuat mereka mundur untuk mengurung niatnya. Terlebih jika perjalanan dilakukan bersama dengan rekan sejawat, atau klub motor yang digelutinya.

Bagi seorang bikers, kegiatan turing mampu menumbuhkan rasa kebersamaan, termasuk di dalamnya memperkuat kekompakan di antaranya mereka sendiri.

Untuk menjaga keselamatan dan keseruan berkendara berkelompok, tentu saja diperlukan persiapan yang baik dan tetap menjaga etika berkendara.

Johannes Lucky, Safety Riding Manager PT Astra Honda Motor mengatakan, setiap pengguna jalan memiliki hak yang sama. Oleh karena itu, penting untuk memahami aturan serta etika ketika berkendara dalam kelompok.

“Kegiatan berkendara dapat lebih aman, selamat sampai tujuan, dan tetap menjaga ketertiban di sepanjang perjalanan,” ujar Johannes, dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga:  Glamour Auto Boutique Siap Berikan Layanan Papan Atas Bagi Konsumen

Berikut ini tips berkendara kelompok yang aman dan nyaman bagi pemilik sepeda motor yang terbagi menjadi 3 tahap pengecekan.

Sebelum Perjalanan

Sebelum berkendara kelompok, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan dibahas bersama agar perjalanan dapat tetap selamat dan menyenangkan, diantaranya:

1. Susun rencana perjalanan dengan baik. Rencana perjalanan dapat meliputi jam keberangkatan, titik istirahat, lokasi pengisian bahan bakar, tempat makan dan destinasi pemberhentian yang ingin dituju.
2. Tentukan pembagian tugas antar anggota, seperti siapa yang akan memimpin rombongan, sweeper, penyedia konsumsi, serta akomodasi. Pembagian tugas membuat proses koordinasi berkendara menjadi efektif dan jelas.
3. Pastikan kondisi sepeda motor dalam keadaan prima dengan melakukan servis kendaraan setiap anggota, setidaknya satu hari sebelum perjalanan dilaksanakan.
4. Lakukan briefing terkait apa saja yang perlu disiapkan dan dilakukan, seperti menjaga daya tahan tubuh dengan beristirahat cukup, surat dan dokumen yang dibawa selama perjalanan, peraturan selama berkendara, serta kebutuhan pribadi lain seperti gadget dan perlengkapannya serta obat-obatan pribadi.

Baca juga:  Pre Order Dimulai, ECGO EV Moto Langsung Kasih Subsidi

Saat Perjalanan

Ketika sedang dalam perjalanan, setiap anggota harus mematuhi kesepakatan tim yang telah ditentukan, beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:

1. Selalu mengikuti arahan pimpinan rombongan (road captain/RC), serta sweeper saat berkendara.
2. Tidak melakukan aktivitas berbahaya atau berkendara dengan arogan. Setiap pengguna jalan memiliki hak yang sama, baik saat dalam kelompok maupun individu.
3. Tidak melakukan aktivitas yang melanggar peraturan lalu lintas atau mengganggu hak pengguna jalan lain, seperti menutup jalan untuk kendaraan dapat melintas dengan lancar.
4. Tidak menggunakan alat komunikasi elektronik untuk mengobrol yang dapat menurunkan konsentrasi ketika berkendara. Gunakan komunikasi sesuai kebutuhan, atau pada situasi darurat.
5. Lakukan istirahat setiap 2 jam sekali, jaga cairan tubuh untuk menjaga konsentrasi serta dan selalu utamakan keamanan dan keselamatan.

Setelah Perjalanan
Setelah selesai berkendara secara berkelompok dan mencapai lokasi yang dituju, setiap anggota dapat melakukan pemeriksaan fisik, baik dirinya sendiri maupun kondisi peserta lainnya.

Baca juga:  Glamour Auto Boutique Siap Berikan Layanan Papan Atas Bagi Konsumen

Selain itu, lakukan juga pemeriksaan pada sepeda motor untuk memastikan kondisinya masih tetap prima untuk digunakan kembali. [dp/TH]