All New Ertiga Hybrid Jadi Unit Produksi Suzuki ke 3 Juta

DAPURPACU – Torehan prestasi baru telah digapai oleh PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), yaitu pencapaian produksi mobil yang ke 3 juta unit pada Desember 2022 lalu.

Pencapaian tiga juta unit yang diraih sejak pertama kali memproduksi mobil perdananya di Indonesia pada 1976, diwujudkan oleh pabrik Suzuki di Cikarang berupa All New Ertiga Hybrid.

Presiden Direktur PT SIM, Shingo Sezaki mengaku bangga pada pencapaian tersebut, sejalan misi perusahaan yaitu menghadirkan produk dan layanan berkualitas tinggi berorientasi kepada konsumen.

“Suzuki secara aktif dan konsisten selalu berkomitmen untuk memberikan yang terbaik hingga akhirnya berhasil mencapai momentum bersejarah akumulasi produksi mobil ke-3 juta unit,” imbuh Sezaki, lewat siaran resminya.

Dia pun mengapresiasi kepada seluruh seluruh karyawan, mitra bisnis, diler, konsumen dan Pemerintah Indonesia atas segala dukungannya terhadap Suzuki, hingga sampai di titik ini.

Baca juga:  Suzuki Indonesia Ajak Mitra Bisnis Jajal Model-model Unggulan

Suzuki memulai kiprah produksinya di Indonesia lewat Carry ST20 pada 1976. Hingga kini, Carry masih diproduksi dengan generasi terbaru sekaligus memegang market share tertinggi di kendaraan niaga ringan.

Selain kendaraan niaga, PT SIM juga berkembang untuk memproduksi beragam model dan varian mobil Suzuki untuk pasar domestik dan global di segmen kendaraan penumpang.

Produk-produk seperti XL7, All New Ertiga, New Carry serta APV juga diproduksi oleh PT SIM, dan menjadi kontributor terbesar penjualan hingga Desember 2022.

Tak kalah penting adalah lahirnya Ertiga Hybrid pada tahun lalu didaulat sebagai unit produksi ke-3 juta, menandai titik sejarah baru selama 52 tahun berkiprah di Indonesia.

Active Deputy Director Manufacturing PT SIM, Yudonendito menyebut, perusahaan memulai proses produksi bermodalkan sistem konvensional. Perlahan Suzuki bertransformasi mengadopsi teknologi terbaru yang canggih dan robotik yang terintegrasi.

“Harapannya, pencapaian ini tidak berhenti sampai disini namun bisa tetap eksis dan berkembang meningkatkan produksi dan menghadapi tantangan mewujudkan misi Suzuki jangka panjang,” terangnya.

Baca juga:  Lihat Performa New Carry, Kuasai Pasar Pikap di 2022

Saat ini, PT SIM memiliki fasilitas produksi dan perakitan di Tambun serta Cikarang, yang didukung oleh para tenaga kerja yang saat ini sudah mencapai lebih dari 5.000 karyawan.

Kedua fasilitas produksi ini berperan penting dalam menciptakan mobil dan motor, serta komponen untuk pasar domestik maupun global hingga ke-80 negara di dunia. [dp/TH]