DCVI Rilis Truk Mercedes-Benz dengan Standar Emisi Euro 5 di Indonesia

DAPURPACU – PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) resmi merilis Mercedes-Benz Actros dan Arocs dengan standar Euro 5 di Indonesia, Kamis (16/3).

Menurut President Director DCVI, Naeem Hassim, kehadiran dua truk Mercedes-Benz Euro 5 itu merupakan bentuk komitmen dalam mendukung kebijakan pemerintah dalam menurunkan emisi gas buang.

Lebih lanjut, ia mengatakan hal itu juga untuk menjawab tantangan global terkait komitmen Indonesia menuju Net Zero Emission, nol emisi karbon, pada tahun 2060.

“Hadirnya Actros dan Arocs Euro 5 sejalan dengan dukungan terhadap pemerintah Indonesia dan guna meningkatkan persaingan di kancah Internasional,” kata Naeem Hassim saat peluncuran di Tangerang, Kamis (16/3).

“Nantinya, Anda akan menyaksikan varian mesin baru yang didesain dan diciptakan dengan target penghematan bahan bakar yang lebih efisien,” tambahnya.

Mercedes-Benz Actros dan Arocs Euro 5 itu membawa tiga mesin baru yang ramah lingkungan dan lebih hemat bahan bakar.

Baca juga:  Daimler Bangun Pabrik Perakitan Mercedes-Benz Truk dan Bus di Cikarang

Kedua truk itu membawa DNA yang sama dengan pendahulunya Euro 3, dengan inovasi baru melalui Heavy Duty Engine Platform yang berfokus pada efisiensi bahan bakar.

Tidak hanya itu, keunggulan utama dari truk Mercedes-Benz itu di antaranya adalah andal, tangguh, dan efisien pada kelasnya.

Sementara, Kepala Produk dan Pemasaran DCVI, Faustina menjelaskan bahwa efisiensi bahan bakar yang telah diujicoba di Eropa mencapai 9 persen.

“Kendaraan Euro 5 dan Euro 6 sudah menjadi standar di Eropa saat ini. Data menunjukkan efisiensi bahan bakar mulai 4 hingga 9 persen di Jerman,” ucap Faustina.

Mercedes-Benz Actros dan Arocs Euro 5 hadir dengan tiga opsi mesin yakni OM 470 generasi kedua dengan kapasitas 10.7 liter, OM 471 generasi kedua dengan kapasitas 12.8 liter, dan mesin OM 473 dengan kapasitas terbesar mencapai 15,6 liter.

Fitur terbaru yang disematkan antara lain berupa mesin dengan 2nd Generation X-Pulse untuk bahan bakar yang lebih efisien, fitur Variably Controllable EGR Flap untuk pencapaian power optimal, dan Mercedes Powershift 3 (MPS3) dengan 12 dan 16 transmisi otomatis.

Baca juga:  Daimler Bangun Pabrik Perakitan Mercedes-Benz Truk dan Bus di Cikarang

Tidak itu saja, fitur bawaan yang mengutamakan keselamatan dan kenyamanan bagi pengemudi terdapat pada Three Steps High Performance Engine Brake.

Faustina menambahkan fasilitas yang diberikan untuk para pelanggan adalah garansi Overall Vehicle untuk 12 Bulan tanpa batasan kilometer, garansi Powertrain sampai 24 bulan atau 200.000 kilometer, dan juga garansi suku cadang selama 12 bulan tanpa batasan kilometer.

“Saat ini Actros dan Arocs Euro 5 sudah dapat dipesan di diler resmi DCVI. AdBlue sebagai cairan katalisator untuk pembakaran emisi yang lebih baik tersedia juga di seluruh jaringan diler resmi,” tutup Faustina. [dp/DF]

Previous articleSuzuki Masih Berikan Diskon Pembelian Aksesori dan Sparepart di GJAW 2023
Next articleKembali Dukung Gresini Racing MotoGP, Antangin Optimis Rengkuh Banyak Podium Musim ini