DAPURPACU – Munculnya Wuling Alvez menambah deretan persaingan di segmen compact SUV di Indonesia. Dari 3 varian yang di tawarkan (SE, CE dan EX), varian Wuling Alvez EX menjadi varian tertinggi dan terlaris ini sudah dibekali dengan fitur keselamatan kekinian ADAS (Advanced Driver Assistance System), Wuling Alvez EX ini dibandrol seharga Rp.295 juta rupiah.
Jum’at 26 Mei 2023, Dapurpacu.id diberikan kesempatan untuk menjajal Compact SUV terbaru dalam kegiatan All At Once Driving Experience, Dapurpacu.id bersama 20 rekan media lainnya dibawa menjelajah jalur Plato dalam rute perjalanan Yogyakarta-Wonosobo-Semarang. Sebanyak 5 unit Wuling Alvez ‘Style and Innovation in One SUV’ tipe EX dilibatkan dalam perjalanan yang digelar 2 hari dan 1 malam ini.
Kegiatan dimulai dari Yogyakarta International Airport, Kulon Progo, rekan-rekan media mulai melakukan perjalanan pertama menuju Meeting point pertama Truntum Gasblock Magelang di sekitaran Borobudur untuk menyantap makan siang. Melalui jalan nasional yang cukup ramai, Wuling Alvez masih cukup mudah dikemudikan untuk bermanuver di tengah ramainya lalulintas Jogjakarta.
Tibanya meeting point pertama di Truntum Gasblock, rekan-rekan media berkesempatan untuk mengabadikan momen bersama Alvez dengan pemandangan bukit indah dibalut dengan hamparan padi yang baru mulai meninggi. Di rute ini terbukti bantingan dan suspensi dari Wuling Alvez cukup enak, walaupun masih ditemui jalanan berlubang dan tidak rata.
Kabin Wuling Alvez memberikan sebuah interior mobil modern, sehingga kenyamanan penumpang begitu terasa saat memasuki Wuling Alvez EX ini. Kursi berbahan kulit sintetis warna hitam berpadu dengan bahan suede berkelir abu-abu membuat tampilan interior Alvez terlihat keren tanpa mengorbankan kenyamanan saat diduduki.
Lingkar kemudi Alvez berbalut kulit dengan desain bulat dengan dasar rata, memberikan kesan modern yang nyaman untuk dioperasikan, sehingga sangat mumpuni untuk melakukan manuver atau berpindah haluan. Desain modern tak hanya pada bagian lingkar kemudi, tetapi juga pada gear shift knob yang enak di genggam saat melakukan perpindahan transmisi.
Salah satu keunggulan dari kabin dari Wuling Alvez EX adalah kabin yang terasa panjang, secara keseluruhan, kabin dari Alvez cukup luas dengan kapasitas bagasi yang lumayan besar, yakni sebesar 322 liter. Fitur unggulan lainnya Alvez sudah memiliki teknologi internet of vehicle (IOV).
Dukungan Head unit 10 inci lengkap dengan fitur smartphone mirroring untuk online music, navigasi, dan aplikasi pesan singkat, juga dilengkapi dengan empat buah speaker dan perintah suara Wuling Indonesian Command (WIND), untuk urusan hiburan Perangkat hiburan dari Alvez ini terbilang baik dan lengkap.
Perjalanan dilanjutkan menuju Dhayo Coffee meeting point kedua di daerah Wonosobo, rekan-rekan media menikmati waktu coffee break dan challange untuk membuat mocktail. Selama perjalanan menuju wonosobo rekan-rekan media disuguhkan dengan jalanan track yang berliuk dan berlubang, dan bantingan dari Alvez masih terasa enak dan nyaman. Dengan adanya electric sunroof dan penggunaan material premium di dalam kabin, perjalanan ini pun semakin nyaman bersama Alvez.
Waktunya giliran Dapurpacu.id mengambil alih pusat kemudi Alvez dari wonosobo menuju semarang dengan waktu tempuh lebih dari 2 jam. Menjelang senja hujan gerimis mulai turun menyambut kami dikota Tembakau – Temanggung, lampu utamapun mulai dinyalakan, pandangan dari ruang kemudi masih terlihat jelas dan luas untuk melihat jarak didepan.
LED DRL (Daytime Running Light) serta adjustable LED dipakai sebagai headlamp yang di sandingkan dengan LED Foglamp menambah kekuatan pencahayaan bagi pengemudi melintasi jalur pegunungan Wonosobo – Temanggung untuk melibas kabut disekitaran gunung sumbing. akselerasi bertenaga mampu dihasilkan oleh Alvez ketika berselancar di permukaan jalan mendatar.
Mobil bermesin bensin 1485 cc, 4 silinder, DVVT, DOHC ini, memiliki akselerasi bertenaga dipermukaan jalan datar, dengan skenario stop & go Alvez cukup baik melewati kemacetan khas jalanan perkotaan. Mesin Alvez memiliki power maksimal 105 HP pada 5.800 rpm dengan torsi 143 Nm pada 4,000 – 4,600 rpm. Tenaga dari mobil penggerak roda depan/Front Wheel Drive (FWD) ini disalurkan melalui transmisi CVT dengan sangat smooth.
Saat menghadapi jalanan menajak posisi tuas di D, kerja Alvez terasa sangat keras, sehingga dapurpacu.id harus memindahkan tuas transmisi ke posisi S yang dapat menghasilkan akselerasi lebih spontan. Begitu juga ketika mobil ini membutuhkan akselerasi untuk bermanuver atau mendahului kendaraan di sebelah kiri, Walaupun bermesin 1.500 cc 4 silinder segaris dengan transmisi CVT Wuling Alvez tidak punya mode berkendara, Untungnya terbantu dengan mode -/+ dan S pada posisi tuas transmisi.
Sesampainya di Bandungan – Semarang rekan-rekan media melanjutkan santap malam bersama sebelum menutup perjalanan hari pertama untuk beristirahat di Hotel Aruss Semarang. Di hari kedua, perjalanan city tour dengan tujuan Layang Layang Resto hanya berjarak kurang dari 10KM. Makan siang bersama sebelum melanjutkan perjalanan pulang ke Jakarta melalui Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani yang menjadi titik akhir dari All at Once Driving Experience batch ketiga untuk kembali ke ibukota Jakarta. [dp/BGS]