Daihatsu ‘Pamer’ ke Komunitas Cara Bikin Mobil berkualitas di Pabriknya

DAPURPACU – Upaya Daihatsu untuk terus menunjukkan kecanggihan produk-produknya kepada para konsumen terus dilakukan, salah satunya melalui kegiatan ‘Auto Clinic’.

Aktivitas yang bertujuan memberikan edukasi tersebut kembali dilaksanakan kepada komunitas mobil Daihatsu, yang lazim disebut Sahabat Klub, digelar pada 25 Juni lalu.

Dengan mengangkat tema ‘How to Make a Car’, kegiatan itu dilaksanakan di Head Office PT Astra Daihatsu Motor, Jakarta Utara, dan dihadiri lebih dari 80 anggota klub Daihatsu.

Dipaparkan langsung oleh Industrial Design Division Head PT Astra Daihatsu Motor, Mark Widjaja, peserta melihat langsung demonstrasi pembuatan konsep design (sketch).

Pembuatannya dilakukan oleh para desainer, dan dilanjutkan menampilkan clay modelling, serta video pengembangan mobil yang dilakukan oleh Daihatsu.

Dalam siaran resminya, Senin (10/7) lalu, Mark mengatakan melalui sharing edukasi ini, kami berharap para peserta mendapat insight gambaran besar proses pengembangan kendaraan secara keseluruhan.

Baca juga:  Usai Liburan, Tips ini Bikin Kondisi Mobil Kembali Optimal

“Daihatsu berkomitmen untuk terus berusaha mengembangkan mobil best value product yang cocok di Indonesia, sesuai strategi utama Daihatsu yaitu Dari Indonesia Untuk Indonesia,” tambahnya.

Secara garis besar, tim R&D (Research and Development) Center ADM berikan sharing tentang tahapan pembuatan dan pengembangan mobil di Daihatsu terbagi menjadi 4 tahap besar, yaitu:

Planning: Proses Survey & Interview untuk mendengar suara konsumen, sekaligus melakukan survei pasar guna mengetahui beragam kondisi di Indonesia, serta dapat menentukan spesifikasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan pasar.
Design: Konsep ide dan proses kreatif yang dituangkan dalam sketsa sebuah mobil, dilanjutkan dengan proses clay modelling untuk mengubah bentuk 2 dimensi menjadi 3 dimensi.
Engineering: Pada fase ini, desain mobil yang telah dibuat, diwujudkan menjadi gambar tehnik, dilanjutkan dengan proses pembuatan prototype.
Testing: Prototype diuji performa, keamanan, keandalan dan kinerjanya sebelum dipasarkan. Tahapan ini dilakukan untuk memastikan kendaraan yang dibuat sudah memenuhi standar kualitas global, serta sesuai dengan kebutuhan pasar.

Baca juga:  Upaya Honda Kupas Teknologi Motor Listrik ke Pelajar SMK

Sebagai informasi, Daihatsu memiliki fasilitas R&D Center terlengkap dan terbesar di Indonesia, yang berlokasi di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang, Jawa Barat.

Area ini dilengkapi fasilitas Design Center, Engineering Center, serta Test Course lengkap (24 macam tipe jalan), mewakili kondisi jalanan di Indonesia dengan luas total hingga 25 hektare. [dp/TH]

Previous articleHino Indonesia Ubah Nama Truknya, Perkuat Identitas Global
Next articleSuzuki New XL7 Hybrid Terus ‘Tebar Pesona’ ke Konsumen, Giliran di Kota ini