Lini Model Great Wall Motor Resmi Mendarat di Indonesia

DAPURPACU – Pabrikan mobil asal Tiongkok, Great Wall Motor (GWM) memperkenalkan seluruh lini model yang bakal segera dipasarkan di Indonesia melalui ajang GIIAS 2023.

Terdapat tiga model yang diboyong oleh GWM yaitu Haval, Tank dan Ora, yang nantinya untuk pemasaran unit telah dipercayakan kepada perusahaan patungan antara Inchape Plc dan PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (Indomobil).

Dapat dikatakan, hadirnya rangkaian produk baru GWM tersebut telah menandai dimulainya proses penjualan termasuk layanan purna jual yang akan diberikan kepada calon konsumennya.

“Hari ini dengan bangga memperkenalkan tiga rangkaian produk unggulan kami ke pasar Indonesia,” kata President GWM ASEAN, Clyde Cheng disela perkenalan di booth GWM ICE BSD City, Tangerang, Kamis (10/8).

Cheng mengakui bahwa produk-produk yang diboyongnya ini telah diakui secara global untuk kualitas, performa dan inovasi. Kami yakin konsumen Indonesia akan terkesan dengan model-model yang kami tawarkan,” tambahnya.

Baca juga:  Aion Gandeng Indomobil Percepat Produksi Mobil Listrik di Indonesia

Cheng menuturkan, dari awal ekspansi GWM ke Indonesia telah menjadi bagian dari visi jangka panjang perusahaan untuk menghadirkan kendaraan premium mass kelas dunia ke konsumen di seluruh dunia.

Komitmen GWM terhadap keunggulan dari segi riset, pengembangan dan teknik memastikan setiap kendaraan sesuai dengan standar kualitas dan keamanan internasional terbaik.

Untuk dapat memenuhi kebutuhan global, GWM telah mendirikan pusat R&D serta pusat inovasi teknologi di berbagai negara, di antaranya China, Amerika Serikat, Kanada, Jerman, Austria, Jepang, Korea Selatan dan India.

“Sebagai salah satu pasar otomotif terbesar di ASEAN, Indonesia memiliki peran penting dalam strategi GWM di wilayah ini. Kami optimis dapat mengambil peran di industri otomotif Indonesia melalui kemitraan bersama Inchcape,” imbuhnya.

Di sisi lain, President Director Inchcape Automotive Indonesia, Khoo Shao Tze menambahkan, pihaknya bangga bisa menghadirkan kendaraan energi baru GWM ke Indonesia.

Baca juga:  Aion Gandeng Indomobil Percepat Produksi Mobil Listrik di Indonesia

Dia pun memaparkan bahwa ini merupakan sebuah langkah penting untuk bisa mencapai ambisi jangka panjang perusahaan, yaitu mempercepat kemajuan energi terbarukan di Indonesia.

“Dengan standar kualitas dunia terbaik serta jaringan distribusi yang kuat, kami yakin ketiga rangkaian model GWM akan menjadi pilihan yang disukai masyarakat Indonesia, terutama untuk kendaraan hybrid dan listrik,” tandasnya.

Mulai Dijual Tahun Depan

Dengan rencana besar yang dipaparkan di atas, GWM memastikan belum menjual produknya di Indonesia. Hal itu dipertegas oleh Constatinus Herlijoso, General Manager PT Inchcape Indomobil Energi Baru.

Menurutnya, momentum partisipasi perdananya pada pameran otomotif tahunan di Indonesia tersebut hanya sekadar ajang perkenalan merek GWM saja di Tanah Air.

“Jadi saat ini kita belum (jualan), baru sekadar perkenalan saja. Mereknya semua sama-sama under Great Wall, mereka sebutnya product series yaitu ada Haval, Ora dan Tank,” ungkapnya.

Baca juga:  Aion Gandeng Indomobil Percepat Produksi Mobil Listrik di Indonesia

Meski belum dipasarkan, GWM berencana akan mendirikan pabrik di Indonesia. Setelah fasilitas produksi rampung dan beroperasi, GWM akan menjual produknya secara CKD (Completely Knock Down).

Sementara untuk jadwal produksi dan penjualannya direncanakan mulai dilakukan di akhir kuartal pertama 2023. Sedangkan untuk lokasi fasilitas pabrik belum ditentukan.

“Pasalnya ada beberapa fasilitas yang sedang dipertimbangkan, termasuk pabrik milik Indomobil. Kita akan mulai rakit tahun depan dan mudah-mudahan semua bisa kita rakit bersamaan,” tutup Herlijoso. [dp/TH]

Previous articleSeres E1 Buka Selubung Harganya, Dijual Mulai Rp189 jutaan
Next articleAngkat Tema Hino untuk Indonesia, HMSI Bawa 6 Unit Display di GIIAS 2023