Perjalanan Canter selama 60 Tahun di Indonesia, Raih Muri hingga Jadi Truk Listrik

DAPURPACU – Kehadiran Mitsubishi Fuso di perhelatan Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2023 menjadi momentum yang spesial. Pasalnya, pada pameran yang berlangsung di ICE BSD City sejak 10-20 Agustus itu bertepatan dengan perayaan 60 tahun produk legendaris Mitsubishi Fuso Canter.

Lebih istimewanya lagi, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), selaku distributor resmi truk dan bus Mitsubishi Fuso di Indonesia itu membawa tema besar Integrated Powerful solution. Tema itu tercermin dalam display 7 unit truk unggulan, yang didominasi Canter, mulai dari varian di masa yang lalu, kini dan di masa depan.

Perjalanan Canter selama 60 Tahun
Kehadiran Mitsubishi Fuso Canter pertama kali dimulai di tahun 1963, dan hingga kini telah diproduksi lebih dari 4,5juta unit dan dijual secara global di 70 negara. Di Indonesia, Canter mulai diperkenalkan ke pasar pada tahun 1970, sekaligus menjadi kendaraan niaga pertama yang mendukung beragam sektor bisnis.

Pada 2017, truk yang identik dengan kepal kuning itu berhasil tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai penjualan Canter terbesar di Indonesia yang mencapai 1.000.000 unit penjualan.

Sejarah panjang Mitsubishi Fuso di Indonesia tersebut berkat kegigihan pabrikan asal Jepang itu dalam menyediakan kendaraan yang andal dan inovatif kepada konsumen. “Dan kami bangga untuk melanjutkan tradisi tersebut hingga hari ini dan di masa depan,” kata Nobukazu Tanaka, President Director PT KTB dalam sambutannya di booth Fuso di arena GIIAS 2023, Kamis (10/8).

Baca juga:  Mitsubishi Fuso eCanter Meluncur di GIIAS 2024, Dijual Baru di Jabodetabek

Sebagai bukti bahwa Mitsubishi Fuso selalu menghadirkan produk terbaik sejak dulu, Fuso menghadirkan Canter T91A. Unit ini didatangkan langsung dari Jepang khusus untuk ditampilkan di Booth Fuso pada event GIIAS 2023.

Model Ini adalah generasi kedua dari Mitsubishi Fuso Canter, yang diproduksi pada 1968-1975 dan memberikan performa, serta akselerasi terbaik pada zamannya.

Kiri ke Kanan:
Mr. Kei Kubota, Sales and Marketing Director PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Mr. Kazuo Matsunaga, Chairman of The Board Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation, Mr. Karl Deppen, President and CEO Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation, Mr. Nobukazu Tanaka, President Director PT.Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Bp. Duljatmono, Sales and Marketing Director PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors

Canter Edisi Celebration 60th
Merayakan ulang tahun Canter ke-60, KTB memproduksi sebanyak 60 unit Canter special edition dengan 14 fitur tambahan yang semakin menambah kenyamanan, keamanan, dan juga dengan penampilan berbeda dari varian yang biasa.

Fitur tambahan tersebut di antaranya alarm and central lock, untuk memberikan peringatan apabila ada pintu yang dibuka secara paksa saat pintu dalam keadaan terkunci. Kemudian ada fitur E-mirror untuk melihat situasi di belakang mobil dan merekam kondisi di depan dan belakang mobil, dan driving monitoring system untuk memonitor aktivitas dan perilaku pengemudi. Lalu, terdapat stiker 60 tahun Canter Anniversary, dan black edition di bagian bumper, front grill dan emblem Fuso warna hitam membuat Canter terlihat lebih gagah.

Baca juga:  Mitsubishi Fuso eCanter Meluncur di GIIAS 2024, Dijual Baru di Jabodetabek

Next Generation eCanter
Untuk menyongsong masa depan, Mitsubishi Fuso juga terus berinovasi memenuhi dinamika kebutuhan dan nilai tambah bagi konsumen. Sejalan dengan tema GIIAS 2023 Future Now, KTB turut menampilkan unit masa depan yang merupakan pelopor truk listrik pertama di dunia, yakni Next Generation Fuso eCanter. Next Generation eCanter pertama kalinya meluncur pada September 2022 tahun lalu.

Dengan bertenaga 100% listrik, Next Gen eCanter memiliki jangkauan yang sempurna untuk pengiriman di perkotaan, distribusi lokal, dan operasi jarak pendek. Dengan pengembangan teknologi yang lebih canggih membuat truk ini tidak bising saat dikendarai dan telah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan. Sehingga pengemudi dapat melakukan pengiriman barang dan jasa secara efisien, dan aman sekaligus dapat melindungi lingkungan.

Peluncuran Canter Bus
Peluncuran variant Canter Bus Sebagai bagian dari inovasi, Mitsubishi Fuso meluncurkan variant baru yaitu Canter Bus dengan ruang kabin yang lebih luas dari sebelumnya, dengan kapasitas 19 penumpang dan 1 driver. Hadir dengan bagasi yang lebih luas, dapat memuat barang -barang penumpang dengan aman dan nyaman, kursi pada baris akhir lebih fleksibel sehingga dapat digeser dan dilipat sesuai kebutuhan sehingga memberikan ekstra ruang pada bagasi. Hal ini menjadikan Canter Bus menjadi pilihan terbaik khususnya untuk bisnis angkutan penumpang dan pariwisata.

Baca juga:  Mitsubishi Fuso eCanter Meluncur di GIIAS 2024, Dijual Baru di Jabodetabek

Pemenang Lomba Foto dan Video Fuso Canter 60th Anniversary
Untuk berbagi keceriaan bersama masyarakat dalam perjalanan Fuso Canter di Indonesia, KTB juga mengadakan kompetisi foto dan video bertajuk 60 Tahun Anniversary Canter.

Kompetisi yang dilakukan sejak 26 Juni hingga 6 Agustus 2023 itu, diikuti oleh peserta sebanyak 1.235 foto dan 74 video di mana hasil yang dikirimkan peserta memiliki karakter yang berbeda-beda. “Kami mengucapkan terima kasih kepada peserta yang begitu antusias akan kompetisi ini dan selamat kepada para pemenang, semoga Anda semua dapat terus berkarya dan semakin kreatif,” imbuh Tanaka.

Adapun pemenang utama lomba foto Fuso Canter 60th Anniversary adalah Bimo Pradityo dengan judul foto “Terdepan Mengawal Tradisi”. Kemudian ditambah dengan 9 Runner Up terbaik.

Sedangkan untuk pemenang utama lomba video Fuso Canter 60th Anniversary ialah Choirul Anwar dengan judul video“Pengangkut Sumber Kehidupan“. Dan 4 pemenang Runner Up. [dp/ADV]

Previous articleDaihatsu VIZION–F Bisa Jadi Mobil ‘Powerbank’, Kemping Ceria Makin Asyik
Next articleMitsubishi Fuso Tampilkan Next Generation eCanter, Truk 100% Listrik Ekslusif di GIIAS 2023